Asasunnajah header

Peluang Usaha Berbasis Online di Musim Corona

Posting Komentar
Peluang usaha rumahan berbasis online

Sejak kehadiran corona virus dan ditetapkannya PSBB, segala aktifitas berubah. Hingga kini hampir sebagian besar pekerjaan dilakukan di rumah. Bagi yang sehari-hari emang pekerjaannya di rumah aja mungkin sudah biasa. Tapi bagi mereka yang terbiasa karir di luar pastinya akan terasa sedikit kaget dengan perubahan situasi dan kondisi. Namun dibalik kehadiran corona yang telah meluluh lantahkan banyak perusahaan, selalu ada hikmah dan peluang usaha bagi mereka yang jeli membaca keadaan. 

Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi inspirasi apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai bentuk usaha selama musim corona. Ulasan lengkapnya, simak hingga tuntas  ya ..

Peluang Usaha Rumahan Di Musim Corona

Sejak sebelum kehadiran corona sebenarnya telah banyak aktifitas produktif yang bisa dikerjakan hanya dari rumah saja. Apalagi saat ini kemudahan-kemudahan teknologi informasi sangat mendukung pekerjaan. 

Tinggal bagaimana kita mengasah kejelian dalam membaca peluang. Untuk memudahkan dalam memilih peluang usaha, ada baiknya dimulai dari hobi atau kesenangan. Why? 

Sebab hal ini akan meminimalisir kekecewaan yang timbul apabila sewaktu-waktu kegagalan masih setia menyapa. Sebab namanya usaha pastinya bakalan berkawan dengan yang namanya gagal sebelum sampai pada masa gemilang.

Berikut ini adalah contoh-contoh ide usaha berbasis online yang bisa dijadikan inspirasi untuk menjemput rizki dari rumah :

1. Menjadi dropshiper

Sejak sebelum corona usaha dropshiper telah menjamur di negeri ini. Bahkan tak sedikit pengusaha online yang kini telah sukses berawal dari dropshiper.
 
Dropshiper adalah kegiatan menjual barang secara online dan dikirim langsung oleh supliyer yang kita pilih. Kalau kata orang kampung dropshiper itu semacam makelaran. Jadi sebagai dropshipper kita hanya bertugas mempromosikan barang saja baik secara online maupun offline. Saat ini ada banyak barang dan supliyer yang membuka peluang reseller secara dropship. 

Setelah mendapatkan customer urusan packing dan pengiriman tinggal serahkan pada supliyer, dropshipper tinggal menerima komisi deh.

Untuk menjadi dropshipper, kita pun tak perlu mengeluarkan modal banyak. Cukup dengan memanfaatkan smartphone dan quota internet. Yang terpenting kuasai juga ilmu marketing. Mudah bukan?

2. Membuka toko online

Membuka toko online mirip dengan dropshipper. Bedanya kalau membuka toko online kita harus punya stok barang yang akan dijual. Dalam hal ini kita tak perlu bingung mencari barang yang dijual.  Tentukan saja sesuai kesenangan kita. Misal hobi membuat kue, pudding, atau lainnya. Dengan modal smartphone dan quota internet tinggal pasarkan secara online. Toko online pun sudah jadi dan tak perlu ruang gudang. 

3. Usaha catering rumahan

Tanpa kita sadari peluang usaha bisa muncul dari kemalasan. Yup memanfaatkan kemalasan orang-orang dalam memasak, bisa jadi peluang usaha catering rumahan. Mantap bukaann.

4. Membuka jasa laundry

Masih terinspirasi dari rasa malas. Selain malas memasak ternyata adaa aja yang malas mencuci. Kenapa nggak dimanfaatkan saja kemalasan orang-orang untuk menjadi jalan menjemput rejeki dengan membuka jasa laundry.

Meskipun sebagian orang masih memandang sebelah jasa laundry, tapi kalau sudah banyak pelanggan dan dikerjakan secara profesional usaha ini bisa menjadi ladang rizki bagi orang lain juga.

5. Jasa rumah jahit

Kalian punya skill menjahit? Jangan biarkan skill menjahit kalian menguap sia-sia. Saat ini sedang marak trend-trend fashion. Manfaatkan skill menjahit sebagai usaha menjemput cuan dari rumah. Jangan biarkan quota internet habis sia-sia, jadikan marketing online sebagai basis pemasaran. Dan pastinya jangan lupa berikan service terbaiknya agar orang-orang sekitar tak bosan menjadi pelanggan.

6. Membuat kerajinan

Nggak hanya bidang fashion yang saat ini selalu ngetrend. Membuat kerajinan seperti gelang, kalung, bros serta kerajinan hand made, dll untuk dipasarkan secara online pun bisa jadi pilihan. Cari inspirasi kerajinan hand made yang kekinian dan kuasai ilmu marketing niscaya bakal menjadi jualan yang laris manis.

Kesimpulan

Nah teman-teman itulah tadi sedikit contoh ide peluang usaha rumahan selama corona. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam menjemput rizki dari rumah. Jangan lupa pilihlah usaha yang sesuai dengan minat kalian ya. Semangat!






 

Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email