Asasunnajah header

Inspirasi Olah Raga Bersama Anak-Anak Serta Keluarga

Posting Komentar

Inspirasi olah raga bersama keluarga

Pingin bisa olah raga, tapi rempong punya balita. Why not! Baiklah pada kesempatan kali ini aku akan berbagi referensi olah raga yang bisa dilakukan bersama si kecil. Simak terus celotehnya ya ...

Hakikat Olah Raga

Masa pandemi saat ini telah meramaikan kembali trend bersepeda sebagai bagian dari aktivitas olah raga. Sedangkan olah raga sendiri hakikatnya adalah proses aktivitas untuk meningkatkan kualitas individu, baik secara fisik, mental maupun emosional. 

Sejak dulu olah raga telah menjadi aktivitas yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Jenis olah raga pun kini makin bervariasi, dari yang gratis hingga dilakukan dengan membayar. Dari yang dilakukan di dalam hingga di luar ruangan.

Olah raga bersama anak-anak maupun keluarga bisa dilakukan di akhir pekan atau di hari libur. Aktivitas ini akan menjadi hal yang menyenangkan. Selain kebugaran dan kesehatan tubuh, quality time bersama anak-anak dan keluarga pun bisa kita dapatkan.

Inspirasi Olah Raga Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak-Anak

Tadinya aku sempat berfikir bahwa memiliki balita itu tak ada kesempatan untuk melakukan aktifitas olah raga. Padahal olah raga adalah sangat penting untuk kebugaran tubuh kita. Apalagi emak-emak yang fisiknya dituntut strong untuk membersamai anak-anak. 

Eh ternyata pikiranku salah besar, meskipun sehari-hari rempong membersamai ananda ternyata kita tetap bisa melakukan aktifitas olah raga lho. Berikut ini bisa jadi referensi untuk ayah bunda melakukan olah raga bersama si kecil meskipun hanya di rumah saja. So sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui deh. Olah raga tetap jalan, anak-anak pun aman dalam pengawasan. 
Berikut ini referensi olah raga yang bisa dilakukan bersama anak-anak :
  1. Lari atau jalan pagi
Lari atau jalan pagi adalah olah raga paling mudah dan murah. Kegiatan ini bisa dilakukan di sekitar komplek rumah atau bisa juga dilakukan di taman yang dekat dengan tempat tinggal. Selain itu bisa juga memboyong anak-anak atau keluarga ke jalan utama saat car free day untuk mendapatkan suasana yang berbeda.
  1. Bersepeda
Bersepeda saat ini kembali sedang menjadi aktivitas primadona. Sebagaimana lari atau jalan pagi, saat ini sangat bisa untuk membawa serta anak-anak atau keluarga untuk bersepeda. Bersepeda bisa juga dilakukan bersama anak-anak di jalan utama saat car free day. Dengan begitu aktivitas olah raga menjadi hal yang menyenangkan tentunya.
  • Berenang
Siapa yang nggak suka berenang? Hihi .. aku angkat tangan deh. Berendam lama-lama di dalam air membuat badan jadi kedinginan. Itu sih aku, tapi beda dengan anak-anak. Mereka sangat gemar dengan bermain air. Sampai-sampai mereka punya semboyan "Belum dikatakan plesiran kalau belum basah-basahan."

Berenang bersama keluarga bisa dilakukan di kolam renang terdekat atau di waterpark saat liburan. Pasti seruu kaan ..
  • Bermain bola
Bermain bola meski hanya melempar-lempar saja ternyata banyak manfaatnya juga untuk anak balita. Aktivitas melempar dan menendang bola akan melatih dan membantu perkembangan motorik anak. Olah raga yang cukup murah ini pun bisa dilakukan di lapangan depan rumah. 
  • Bulu tangkis
Nah kalau yang satu ini aku suka. Bermain bulu tangkis bisa juga diajarkan pada anak-anak sejak dini lho. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih ketangkasan otot tangan dan kaki.
  • Outbound
Permainan yang satu ini bisa jadi alternatif olah raga yang menyenangkan bersama anak-anak maupun keluarga. Tak hanya menyenangkan tapi aktivitas ini sangat bermanfaat untuk melatih otot,  keseimbangan, juga melatih keberanian lho.

Yang bisa dilakukan dari permainan ini adalah memanjat jaring, melewati jembatan yang tinggi, flying fox dan meniti balok. Pastikan tetap memperhatikan keamanan anak-anak ya bund.


Kesimpulan

Ternyata olah raga tak melulu harus dilakukan sendirian ya, tapi menyenangkan juga dilakukan bersama anak-anak maupun keluarga. Itulah tadi beberapa pilihan olah raga yang bisa dilakukan bareng anak bersama anak-anak serta keluarga. Semoga bisa menjadi inspirasi teman-teman ya. 
Salam sehat selalu.


Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email