Asasunnajah header

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Posting Komentar
Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Entah kenapa menatap tanaman satu ini rasanya nggak ada bosennya. Kebetulan ada tiga pot tanaman lidah buaya di depan rumah. Saat jenuh melanda rasanya jadi happy aja dengan menatap dan mengelus tanaman ini. 

Sebenarnya memandang segala jenis tanaman adalah sesuatu yang menyenangkan buatku, sekalipun itu rerumputan apalagi rumput jepang yang dipotong rapi. Dan satu hal yang kuyakini adalah, bahwa Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan sepaket dengan manfaatnya. Tak terkecuali dengan tanaman favoritku si liidah buaya, sudah pasti dia memiliki segudang manfaat.

So dalam kesempatan kali ini aku akan berbagi tentang manfaat lidah buaya khususnya dalam dunia kecantikan.

Mengenal Tanaman Lidah Buaya

Ada yang belum tahu dengan tanaman satu ini? Ah pasti kalian sudah pada tahu. Tapi kalian tahu nggak kalau ternyata tanaman yang berdaging tebal yang masyhur dengan nama Aloe Vera ternyata berasal dari Jazirah Arab lho. Waah nggak nyangka ya ... Aku pun baru tahu setelah buka wikipedia. 

Tumbuhan dari genus Aloe ini bersifat menahun dan tanaman liarnya menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia termasuk ke Indonesia. Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias, dan dapat juga ditanam di dalam pot.

Sementara budidaya dalam skala besar dilakukan di Australia  Bangladesh, Kuba, Republik Dominika, Tiongkok, Meksiko, India, Jamaika, Spanyol, Kenya, Tanzania, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

Tanaman ini selain diolah menjadi produk kosmetik dan obat-obatan juga banyak ditemukan dalam bentuk makanan lho. Selain itu dengan bentuknya yang unik, Aloe Vera juga banyak ditanam sebagai tanaman hias karena kekhasan bentuknya, bunganya, serta daunnya yang berdaging tebal. Seperti aku yang suka menikmati keunikan bentuk tanaman ini.

Sesuai dengan bentuk daunnya yang tebal, sehingga memudahkan menyimpan air, tanaman ini cocok untuk kebun-kebun di daerah bercurah hujan rendah. Jika ditanam dalam pot, lidah buaya membutuhkan tanah yang cukup kering dan berpasir serta cahaya matahari yang cukup. Tanaman Aloe  pun dapat "terluka bakar" jika terkena matahari yang terlalu kuat dan dapat mengerut jika tanahnya terlalu lembap.

Wah pantesan daunnya jadi nampak kuning saat kena terik matahari secara langsung setiap hari. Sekarang jadi makin kenal dengan karakter tanaman lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Memiliki tanaman ini di rumah rasanya sayang aja kalau hanya sekedar jadi santapan mata. Apalagi tanaman ini tak hanya bisa diolah sebagai makanan dan obat-obatan. Selagi bermanfaat untuk kecantikan secara alami, kenapa nggak kita cari tahu aja manfaat tanaman ini. 

Lalu apa saja sih manfaat Aloe Vera untuk kecantikan?

1. Mengobati jerawat
Salah satu manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk kulit wajah yang sudah banyak diketahui adalah mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang. Untuk mendapatkan manfaatnya, oleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat, sebanyak tiga kali sehari menggunakan cotton bud.

2. Melembapkan kulit.
Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit yang berminyak. Namun, ternyata tanaman ini juga baik untuk kulit kering. Kita dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembap, setelah mandi.

3. Mencegah keriput.
Sebuah penelitian menyebutkan, manfaat gel lidah buaya (Aloe vera) dapat membantu memperlambat penuaan kulit. Pada penelitian tersebut, lidah buaya terbukti meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit. 

4. Mengatasi iritasi kulit. 
Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi. Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.

5. Sebagai krim cukur alami.
Manfaat lain dari lidah buaya (Aloe vera) yang bisa dirasakan adalah sebagai krim cukur alami. Tanaman ini sekaligus dapat berperan sebagai pelembap kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kulit.

6. Pembersih make up alami.
Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya dapat digunakan sebagai pembersih makeup alami. Gunakan bagian daging lidah buaya dan bersihkan, lalu haluskan. Dengan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit.

Penutup

Setelah tahu manfaat tanaman lidah buaya untuk kecantikan apakah teman-teman tertarik juga untuk memanfaatkan? Oya sebagai catatan jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan daun ini apalagi untuk jangka panjang. Sebab daun lidah buaya mengandung aloin, yaitu suatu zat yang dapat memicu terjadinya kanker kolon atau usus besar. Aloin bisa ditemukan di lapisan antara daun serta daging bagian dalamnya.

Walaupun demikian asal pemakaian masih dalam batas wajar insya Allah kemanfaatan yang akan kita rasakan. Sekian semoga bermanfaat ya ..


Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

Posting Komentar