Asasunnajah header

6 Hal Ini Ampuh Atasi Flu Pada Balita

29 komentar

Hai mom, siapa yang suka panik saat menghadapi si kecil yang terserang flu? Di masa pandemi seperti ini, hati ibu mana yang nggak mendung lihat anak terserang flu. Mungkin setiap ibu akan berpikir "biarlah aku yang sakit, anak jangan". Tapi selama memilih masih gratis, aku pilih jangan ada yang sakit alias sehat semua pastinya. Beberapa kali si bungsu yang kini berusia 18 bulan terserang flu, aku pun tergerak untuk mengatasinya tanpa berobat ke dokter. Prinsipnya selama masih bisa diatasi sendiri, nggak perlu buru-buru ke dokter dulu. 






Atasi Flu Pada Balita Tanpa Obat


Meski beberapa kali sukses mengatasi anak yang terserang flu tanpa obat-obatan atau periksa ke dokter, tapi terkadang masih aja suka belaga bingung saat tiba-tiba flu menyerang anak. "Duuh dikasih apa ini ya, biar  virusnya lekas kabur?"

Berangkat dari sini aku jadi pingin mencatat sekaligus membagikan pengalaman kesuksesan ini pada kalian. Biar selalu ingat, lebih-lebih jadi sesuatu yang bermanfaat. 

Jujur aja sih, boleh dibilang aku tipe orang yang enggan minum obat-obatan kala sakit. Kecuali kalau sakitnya udah terasa parah dan bener-bener membutuhkan obat dari dokter, barulah aku konsumsi secukupnya. Tapi untuk sakit tipe ringan macam flu atau sakit kepala aku selalu mengusahakan memanfaatkan obat alami yang tersedia di dapur. 

Dan ternyata anak-anakku juga mengekor emaknya yang nggak demen minum obat plus lebih meminimalisir kunjungan ke dokter. So saat anak terserang flu biasanya beberapa hal yang aku lakukan untuk mengatasinya adalah :

  1. Sering-sering minum air putih hangat yang diberi secimit garam sebelum dan saat bangun tidur.
  2. Mandi (berendam air hangat)
  3. Berjemur (caring) di bawah matahari pagi.
  4. Hindari minuman dingin (es)
  5. Cukup asupan makanan bergizi
  6. Istirahat yang cukup

1. Minum Air Putih Hangat Yang Diberi Secimit Garam


Untuk aku sendiri biasanya hanya minum air putih hangat, air jeruk nipis hangat dicampur sesendok madu, atau wedang serei. Tapi untuk si bungsu biasanya aku hanya memberinya minum air putih hangat dicampur sedikit garam. Sejujurnya resep ini aku dapat dari seorang teman di salah satu WAG, dan belum riset sendiri soal manfaat dari air garam ini. 

Dan setelah riset kecil-kecilan tentang manfaat yang terkandung dalam garam di klikdokter.com, ternyata memang barang berwarna putih dengan rasa asin ini memiliki kemampuan antibakteri. Jika kita mengonsumsi air garam, efek yang ditimbulkannya adalah mengurangi racun dan bakteri berbahaya yang ada di dalam tubuh. 

Bahkan, ada pendapat yang mengatakan bahwa konsumsi air garam secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam. Wah pantesan ya, setelah konsumsi air garam alhamdulillah serangan flu pun berangsur mereda. 


2. Mandi (Berendam Air Hangat)


Mandi atau berendam air hangat ternyata punya segudang manfaat lho. Tidak hanya untuk anak-anak, tak jarang berendam dengan air hangat menjadi salah satu terapi kesehatan bagi orang dewasa. 

Dengan berendam air hangat setidaknya akan mendapat manfaat berikut :


1. Melancarkan sirkulasi darah

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari terapi air hangat adalah lebih lancarnya sirkulasi darah. Pasalnya, air hangat mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan lebih lancar.

Dengan sirkulasi darah yang lancar, sel dan jaringan dapat memperoleh pasokan nutrisi yang cukup dan akan terhindar dari risiko penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah.

2. Merelaksasi otot

Selain melancarkan peredaran darah, terapi air hangat juga bisa digunakan untuk merelaksasi tubuh. Hal ini dikarenakan air hangat dapat melemaskan otot-otot yang tegang. Otot yang rileks tidak hanya membuat fisik tenang, tapi juga berdampak baik untuk kesehatan mental.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lain yang bisa didapat dari terapi air hangat adalah meningkatkan kualitas tidur. Pasalnya, setelah melakukan terapi air hangat suhu tubuh akan menurun lebih lambat, sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Tubuh yang rileks akan memudahkan tertidur dan bisa membuat tidur lebih nyenyak.

4. Mengeluarkan racun

Terapi air hangat juga bisa digunakan sebagai detoksifikasi alami. Saat melakukan terapi tersebut, hormon dan sistem endokrin akan aktif sehingga memicu tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Jangan lupa bahwa keringat adalah salah satu mekanisme pengeluaran racun dari dalam tubuh.



3. Berjemur (caring) Di Bawah Matahari Pagi



Setidaknya selain mendapat asupan vitamin D, ada 5 manfaat yang didapat saat berjemur di padi hari :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker, serta flu.

Bukan tidak mungkin bila rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan terhindar dari virus corona covid-19.

2. Memperkuat kesehatan tulang

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari yang paling dikenal adalah meningkatkan kesehatan tulang. Ya, seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin D berfungsi untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang.

Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kandungan vitamin D3 dari sinar matahari ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D saat sinar matahari mengenai kulit.

Hal inilah yang dapat mengatur penyerapan kalsium. Jadi, jika kita memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah maka kecil kemungkinan akan menderita osteoporosis dan arthritis di kemudian hari.

3. Mengurangi depresi ringan

Kurang paparan sinar matahari dapat menyebabkan kondisi gangguan yang dikenal dengan Seasonal Affective Disorder (SAD). SAD adalah depresi umum ringan yang dapat terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang keluar ruangan untuk berjemur.

Maka dari itu, manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi berikutnya adalah mengurangi stres. Hasil studi melaporkan bahwa orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat terhindar dari stres. Pasalnya, sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yakni suatu hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan tenang.

Bahkan, jika tidak depresi sekalipun, berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata dapat membangkitkan suasana hati menjadi lebih baik, lho.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga kita akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Ketika sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin, suatu hormon yang menimbulkan rasa kantuk dan membantu tidur.

Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari sehingga tubuh akan mempertahankan ritme sirkadian yang normal. Sebaliknya, ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk jelang waktu tidur.

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit, seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi pada kulit lainnya. Menurut sebuah studi, terapi berjemur di pagi hari selama empat minggu terbukti berhasil untuk menghilangkan gejala psoriasis secara signifikan pada 84% partisipan.

Namun, untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi ultraviolet dan memastikan manfaat yang didapat lebih besar dari risiko yang ditimbulkan, sebaiknya para penderita penyakit kulit berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan berjemur di bawah sinar matahari. 

Sumber : 
https://kesehatan.kontan.co.id/news/jangan-sampai-salah-ini-waktu-berjemur-terbaik-di-bawah-sinar-matahari?page=all


4. Hindari minuman dingin (es)


Air yang dingin atau es emang menyegarkan dan menggoda ya guys, apalagi saat cuaca panas. Tapi ketika tenggorokan terasa serik alias meradang sebaiknya stop dulu minum esnya ya. Menurut artikel di salah satu laman merdeka.com minum air dingin akan menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Saluran tenggorokan pun menjadi lebih rentan terkena infeksi dan radang.

So untuk sementara waktu hindarkan anak-anak dari godaan es krim atau minuman dingin lain sampai kondisi kesehatan membaik.


5. Cukup Asupan Makanan Bergizi


Anak-anak balita sedang berada pada masa ledakan perkembangan, karenanya membutuhkan gizi yang optimal untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan anak. Dengan gizi yang seimbang maka diharapkan anak memiliki tubuh sehat, tidak mudah terserang penyakit infeksi dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi gizi seimbang maka orang tua perlu memberikan variasi makanan dengan kaya protein serta serat. Kandungan protein bisa didapatkan dari ikan, telur, maupun kacang-kacangan. Sedangkan serat dihasilkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi maka akan makin mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi karena tubuh akan memperoleh berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan.


6. Istirahat yang cukup


Tidur yang cukup merupakan kebutuhan mendasar bagi kesejahteraan dan kesehatan tubuh. Jika waktu tidur tidak cukup, tubuh akan terasa kurang segar, mudah tersinggung dan terasa lelah. Kurang tidur bukan hanya mempengaruhi tingkat energi melainkan juga fungsi mental dan fungsi sosial seseorang.

Beberapa manfaat yang didapat ketika memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas seperti yang dikutip dari http://awalbros.com/umum/manfaat-istirahat-tidur-cukup:

6 hal diatas terbukti ampuh atasi flu pada balita dan biasa aku lakukan saat si bungsu terserang flu. Bagaimana mom, apakah tips ini bermanfaat? Semoga keluarga selalu dalam keadaan sehat ya. 
Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

29 komentar

  1. Kalau anakku mulai gejala demam langsung sering-sering ku ajak berendam air hangat mba, kalau demam ga kunjung turun lanjut meler dan batuk biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya ummi, biasanya sepaket gitu kalau demam. semoga sehat selalu ya ..

      Hapus
  2. kalau lagi flu biasanya orang tua zaman dulu suka melarang anaknya buat mandi, ternyata mandi air hangat itu bagus ya bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bnaget, mandi air hangat banyak manfaatnya pak yonal.

      Hapus
  3. balitaku meski lagi flu maunya main mulu, susaaaah disuruh istirahat cukup wkwk. tapi aku baru tau loh manfaatnya air garam itu. makasiiih tipsnya mbak nafis 💛

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama. Makin banyak main malah istirahatnya makin nyenyak . hihi

      Hapus
  4. Bekal buat nanti kalau udah berkeluarga dan punya anak nih tipsnya :) Ternyata mandi air hangat juga berpengaruh hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget, manfaatnya segudang nggak hanya untuk anak-anak tapi buat orang dewasa juga..

      Hapus
  5. Oh aku jadi tau sekarang kenapa gak boleh minum air es banyak-banyak, ternyata itu alasannya ya 😁

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu kalau harus minum air hangat diberi sedikit garam. Terima kasih infonya ya mbak

    BalasHapus
  7. Tidur emang beneran jadi segala obat ya. Kalau badan terlalu lelah emang bikin mudah drop dan terserang penyakit. Kalau anak-anak jujur agak sulit sih untuk menghindari Es 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejujurnya anakku juga suka susah menghindar apalagi kemaren pas masih musim panas. hihi

      Hapus
  8. Nah kalo aku baru tau kalau airnya perlu dikasih garam dikit, padahal sering bikin infused water pake garam sih. Kok lupa dilakuin ke anak pas lagi flu. Ini kebetulan anak lagi flu boleh dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, selamat mencoba semoga lekas kembali sehat ya ..

      Hapus
  9. beberapa cara di atas sering aku praktekin kalo anak sakit flu. Terutama berjemur, memang efektif sekali buat ngilangin dahak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, anak-anak kalau berjemur juga nggak berasa lagi berjemur karna sambil main di depan

      Hapus
  10. Kalo flu memang yg pertama dilakukan orang tua, ajak anak minum air hangat karena bisa membuat pernafasannya agak lega.. istirahat yang cukup dan mandi memang pake air hangat... Saya ingat ingat lagi deh kalo harus dicampur dengan garam airnya..sebab baru tau dari tulisan ini manfaatnya..makasih share nya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun dapat tips dari teman, dan setelah dicoba manjur juga. hampir nggak sampai 3 hari dengan kombinasi 6 hal diatas sudah kabur flunya..alhamdulillah.

      Hapus
  11. Kalau aku sudah melakukan no 1 mbak ulfa, tapi memang tanpa garam. Jadi cuma air hangat aja, terbiasa minum dengan air hangat semua mbak.

    BalasHapus
  12. Trims infonya Bunda. Sangat berguna buat para Ibu dari balita.

    BalasHapus
  13. Iya banget ini. Terutama kalau berjemur di pagi hari habis itu mandi air hangat,makan trus istirahat ya. Insya Allah lekas bye bye flu nya.

    BalasHapus
  14. Bakal diinget nih mbak kalau nanti saya udah menikah dan punya anak. Biar nggak kegampangan beli obat, ada banyak cara alami yanh bisa dipilih

    BalasHapus
  15. Nah belum pernah nyobain rutin ngasih air plus garam. Bisa dicoba nih XD thanks informasinya Kak. Aku juga ada postingan soal flu, pakai bawnag merah. Alhamdulillah sembuh tanpa obat. dari bayi sampai 3 tahun ini pakai itu aja

    BalasHapus
  16. Kalau air plus garam biasanya aku pakai untuk mengempeskan gusi yang bengkak. Dan ngaruh sih emang karena waktu itu sakit gigi pas hamil tapi obat sakit gigi harus sepertujuan dokter kandungan, jadi sama dokternya dikasih yang alami alami

    BalasHapus
  17. Oo baru tau kalo secimit garam juga bisa buat flu. Kalo aku biasanya pake air hangat itu sama caring. Kalo masih asi ya gempur asi deh. Oke nice sharing mba ulfa..

    BalasHapus
  18. Iya nih mbak, anak kecil kena bapil itu kesian banget liatnya apalagi kalo hidungnya mampet bakal makin rewel. Makasih sharingnya mban

    BalasHapus
  19. Oh berjemir itu bisa buat mengatasi flu buat anak kecil ya kak. Klo buat org dewasa ngaruh gak ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar