Asasunnajah header

14 Ide Sederhana Merayakan Wedding Anniversary

13 komentar
14 ide merayakan wedding anniversary

Guys apakah kalian rutin merayakan anniversary pernikahan? Sejujurnya aku dan suami bukan tipe orang yang memiliki kebiasaan merayakan hari jadi atau perayaan ulang tahun kelahiran. Tapi bukan berarti menolak jika tiba-tiba ada yang memberikan kejutan.

Mungkin karna kebahagiaan dalam kebersamaan kami tiap hari sudah seperti perayaan. Jadi tak ada perayaan khusus untuk memperingati hari jadi maupun harlah, karna hari-hari kami adalah perayaan kebahagiaan.

Walaupun demikian andai suatu saat kami merayakan anniversary pernikahan, mungkin 14 ide unik ini yang akan jadi piihan kami. Namun sebelum membahas ide, kita cari tahu dulu apa sih makna wedding anniversary.

Makna Perayaan Wedding Anniversary

Ikatan pernikahan diibaratkan sebuah bahtera, dalam perjalanannya tidak jarang akan berhadapan dengan gelombang pasang maupun badai yang sewaktu-waktu bisa menghantam dan bisa menenggelamkan.

Cinta dan kasih sayang antar pasangan sebagai bahan bakar harus terus dirawat dan dinyalakan, agar bahtera terus berjalan. Suami sebagai nahkoda dan istri sebagai awaknya harus saling bekerjasama mengendalikan laju pernikahan.

Disinilah sebuah perayaan wedding anniversary diperlukan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas hubungan. Moment untuk saling introspeksi diri, mengevaluasi perjalanan pernikahan yang telah dilalui bersama.

Karna perjalanan yang telah dan akan dilewati tidak selalu mulus, maka dengan perayaan wedding anniversary bisa menjadi sarana untuk evaluasi sekaligus menata rencana masa depan. Jadi perayaan wedding anniversary buka sekedar happy-happy.

14 Ide Sederhana Merayakan Anniversary Pernikahan

Karna keluarga kami bukan penganut gaya hidup hedon, so inilah ide-ide unik penuh kesederhanaan merayakan wedding anniversary :

1. Mengkhatamkan Al-Qur'an 

Dalam tradisi keluarga kami merayakan sesuatu jangan sampai merasakan bahagia sendiri, melupakan kebahagiaan anggota keluarga yang telah mendahului (ahli kubur). Jadi agar perayaan pernikahan lebih bermakna, mengkhatamkan Al-Qur'an dalam sehari atau istilahnya (majlisan) adalah ide pertama. 

Meniatkan bacaan Al-Qur'an untuk keberkahan pernikahan sekaligus menghadiahkan bacaan untuk para ahli kubur dari keluarga hingga orang-orang muslim yang telah mendahului menjadi aktifitas perayaan yang bernilai plus-plus. 

2. Makan Bersama Keluarga

Makan bersama keluarga sudah menjadi bagian dari kebiasaan keluarga kami, entah saat memperingati moment tertentu atau saat sekedar ingin kumpul bersama keluarga besar. 

Makan bersama bisa jadi ide merayakan wedding anniversary. Tak harus makan makanan mewah, masak bersama lalu dimakan bersama beralas daun pisang dengan menu sederhana seperti menu sambelan (lele goreng, terong, tempe penyet,dan sejenisnya) sudah bisa menciptakan kebahagiaan tersendiri.

3. Wisata Religi (Ziarah Wali/Orang Soleh)

Berziarah selain mendoakan orang yang telah meninggal, mengenang jasa para aulia dalam menyebarkan Islam di Indonesisa, juga salah satu sarana mengingat mati. 

Wisata religi tak harus keliling 9 wali dengan rombongan bis, sesekali ziarah ke makam wali/orang soleh yang belum pernah dikunjungi sama sekali. 

Dengan mengharap ridlo Allah lewat wasilah para wali/orang soleh mudah-mudahan makin menambah keberkahan rumah tangga dan dijauhkan dari segala hal buruk yang mengusik keharmonisan keluarga.

4. Berbagi Dengan Orang Lain

Salah satu hal yang membahagiakan adalah berbagi dengan orang lain. Berbagi dengan orang lain di hari perayaan kebahagiaan akan melipat gandakan kebahagiaan.

Sekali lagi berbagi tidak harus dengan barang mewah, berbagi bisa dengan sesuatu yang sederhana tapi dibutuhkan.

5. Makan Malam Berdua

Jangan membayangkan dinner romantis ala drama korea ya guys. Sejoli beranak tiga makan berdua di warung kaki lima dengan menu favorit nasi belut aja sudah bahagia tiada tara. Jangan lupa pastikan anak-anak sudah terbang ke negeri kahyangan alias tidur pulas.

6. Spa Di rumah

Sebut saja spa ala-ala, jangan bayangkan spa yang kaya di hotel-hotel mewah ya guys. Yang penting pada moment ini, saling memberikan servis terbaik. Saling memberikan pijatan terbaik, selain menambah rasa sayang dan perasaan disayang juga menciptakan sensasi perayaan yang unik. Pastikan anak-anak sudah berangkat tidur ya. Biar acara spa tetap aman. haha 

Setelah spa boleh juga nambah acara bakar lemak, spot jantung dan berkotor-kotor bersama. Ihiiir Berani kotor itu baik lho, kata mbak Rin-so. Hehe

7. Olah Raga Bersama

Sudah tahu kan, aktifitas olah raga akan memproduksi hormon endorfin yang bertugas menciptakan perasaan bahagia. Olah raga apapun, renang, lari, bersepeda, bulu tangkis bisa jadi alternatif merayakan wedding anniversary, yang penting dilakukan bersama. Selain badan menjadi sehat, haha hihi pun tercipta bonusnya makin bertambah keharmonisan rumah tangga.

8. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Hal yang selalu diidamkan oleh setiap keluarga adalah kebersamaan. Seperti yang selalu jadi pertanyaan anak-anak, "Buya kemana?" "Buya kapan datang?".

Semua pertanyaan itu tak lain hanyalah merepresentasikan sebuah keinginan untuk berkumpul bersama keluarga secara utuh. 

Menghabiskan waktu bersama keluarga, memesan makanan via ojek online, meski di rumah saja sudah terasa istimewa dan bahagia. 

9. Piknik Bersama Keluarga

Piknik pada umumnya menghabiskan waktu untuk makan bersama keluarga di sebuah tempat terbuka atau tempat wisata dengan membawa bekal sendiri. 

Tapi ide piknik bisa juga dilakukan di rumah. Dengan menggelar karpet di halaman kemudian bakar-bakar jagung atau frozen food sudah cukup membahagiakan.  

10. Staycation Bersama Keluarga

Sesekali boleh lah merayakan wedding anniversary dengan ngajak anak-anak staycation. Jangan lupa siapkan budget dan pilih tempat yang sesuai dengan isi dompet. 

Tak perlu memaksakan diri dengan memilih tempat mewah. Yang penting pengalaman baru dan makna perayaannya dapet. Jangan sampai pulang-pulang membawa oleh-oleh penyesalan.

11. Melakukan Sesuatu Bersama

Ide sederhana penuh manfaat berikutnya adalah, melakukan sesuatu bersama pasangan. Bisa diisi dengan beberes rumah, bercocok tanam, membersihkan halaman, dll.

Pekerjaan beberes kalau dilakukan bersama selain membuat ringan pekerjaan juga menambah kekompakan dan keharmonisan. 

12. Berkemah Di Rumah

Berkemah di rumah adalah salah satu hal yang disukai anak-anak. Membangun tenda, bermain bersama, menghabiskan waktu bersama sudah cukup membahagiakan. 

13. Berkeliling Dengan Mobil Atau Motor

Ide ini adalah ide yang paling kusuka dan menjadi bagian dari moment-moment romantis dalam pernikahan kami. Berkeliling kota dengan mobil rasanya nggak ingin turun. Entahlah,  goyangan mobil yang berjalan membuat badan serasa dimanja, apalagi driver pribadi membawanya super halus, membuat kepala berasa dielus-elus.

Berkeliling dengan mobil juga bisa jadi sarana untuk ngobrol mulai dari hal receh sampai perkara serius. Inilah salah satu moment romantis seklaigus merawat komunikasi dengan pasangan.

Hal lain yang kusuka adalah berkeliling kampung atau blusukan ke pasar dibonceng sepeda motor. Melihat suasana jalanan, kampung atau riuhnya pasar cukup untuk cuci mata. Sesekali sambil beli jajan pentol atau es cincau, sedap rasanya.

14. Deep Talk Jelang Tidur

Deep talk atau ngobrol mendalam adalah sarana untuk saling mencurahkan pikiran masing-masing. Kadangkala sepasang suami istri merasa segan untuk mengutarakan keinginan atau keberatan suatu hal, lantaran belum tercipta komunikasi dua arah.

Deep talk jelang tidur selain sebagai ide merayakan wedding anniversary, juga jadi sarana memperbaiki komunikasi. Komunikasi yang terjalin dengan serasi selain mempererat tali cinta juga akan menambah keharmonisan rumah tangga.

***
Nah itulah 14 ide sederhana merayakan wedding anniversary setelah 14 tahun bersama menjalani bahtera rumah tangga. Ide ini bisa kalian adopsi, selamat mencoba. Punya ide lain, boleh sharing di kolom komentar ya. Salam bahagia. 




Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

13 komentar

  1. Saya kok gak pernah ya meayakan wedding anniversary dengan acara khusus gini. Paling cuman bilang: Eh, gak terasa ya kita sudah hidup bersama selama sekian tahun, terus masuk kamar deh berdua... TApi ide-ide diatas bisa dicoba sih, biar gak monoton... MAkasih ya kak...

    BalasHapus
  2. Wedding anniversary ga pernah ngerayaain sik, tahu-tahu dah 7 tahun aja dan dah punya 3 anak :D. Btw suka ssama yang pilihan ziarah wali, pasti makin asik perjalanan berdua mencari berkah

    BalasHapus
  3. Deep talk sebelum tidur menjadi hal yang bagus bagi pasangan, bisa menjadi waktu saling curhat ya. Sekaligus mendekatkan kedua insan dan dua hati

    BalasHapus
  4. Aku dan suami juga tipe yg ga merayakan secara khusus mb hihi.. Palingan makan di luar bareng keluarga. Tp itu biasa aja sebenarnya ya hehe
    Palingna tuh deepltalk apa yg harus diperbaiki lagi masing² gt. Biar makin mesra yekaan hehe

    Tp kalo sesekali travelling seru juga kayaknya ya, mb :D

    BalasHapus
  5. Uhuuy banyak banget nih idenya, padahal aku belum nikah wkk
    Tapi menarik banget buat dicoba nanti :D

    BalasHapus
  6. waw waw no 1 paling fantastis yang belum pernah ku coba. Padahal yang lainnya juga ga pernah haha ( gimana sih) hmm selama menikah cuma sekalimerayakan aniv itu pun karena masih belum punya anak, after that...blas ga pernah dan ga kepikiran, eh tau-tau udah mau 8 tahun aja haha

    BalasHapus
  7. Ide2nya sangat mudah dilakukan tpi bisa memperkuat bonding pasutri nih mba, smape bgg mau coba praktekin yg mana

    BalasHapus
  8. Etdah, ada 14 ideee. Mantap banget mbak. Bisa nih kalau ikutan pake idenya ntar kalau udah nikah, mb. :D

    BalasHapus
  9. Unik-unik banget ide untuk merayakan wedding anniversarinya. Apalagi ada kaya menghatamkan quran dan ziarah wali, keren, out of the box

    BalasHapus
  10. uuuuh anniversary nya wedding. keceh bgt sosweet nya pasti melebih aniv2 lainnya nih

    BalasHapus
  11. Aku malah nggak ada anniv khusus. Paling ngobrol aja, tapi kadang juga makan bareng gitu.

    BalasHapus
  12. Wah, nasihat yg bagus nih.. Nomor satu harus ya ini agar bisa jadi kluarga yg mencintai Al-Quran..

    BalasHapus
  13. Aku tuh dulu termasuk cuek soal perayaan.. apalagi di keluarga suami ga ada babar blas. Hingga setelah ibu sedo.. aku menyadari deretan foto ultah dari usia 1 sampai 18 memenuhi dinding. Di setiap sesi fotonya ada cerita di baliknya. Begitu juga saat buka album foto dan melihat foto ultah pernikahan bapak ibu.. ada memori yang tersimpan di sana. Di situ aku punya keinginan untuk selalu take a picture di tiap perayaan ultah anak ataupun saat anniv.. sekarang mungkin belum terasa tapi one day jadi cerita spesial :)

    BalasHapus

Posting Komentar