Asasunnajah header

Belajar Menentukan Goal Bisnis Bersama Team Manajemen Mandira Dian Semesta

17 komentar

sharing sesion setting goal training


Empat tahun bergabung dalam pasukan pejuang literasi (Book Advisor) Mandira Dian Semesta sejak tahun 2016 silam, salah satu event yang kunanti-nanti selain kulwap parenting maupun bedah buku online adalah training online. Seperti training yang akan digelar tanggal 4 Desember 2020 esok yang mengusung judul "Goal Setting Training" dengan insight materi belajar menentukan goal busines. 

Berhubung sharing sesion satu ini belum terlaksana, pastinya aku belum bisa menceritakan detail acaranya ya guys. Tapi aku akan berbagi pengalaman seru saat mengikuti training-training yang digelar untuk para book advisor Mandira sebelumnya.

Jujur saja, menjadi bagian dari book advisor yang bisa konsisten menggaet konsumen tiap bulan itu bukan sulap bukan sihir ya guys, tapi butuh keuletan dan proses panjang. Dan yang pasti butuh ilmu penunjang dalam menjalankan bisnis yang sangat fleksible ini.

Tak salah jika team manajemen Mandira Dian Semesta mengagendakan training rutin tiap bulan yang digelar secara online khusus bagi para member book advisor.

Sekilas Book Advisor Mandira Dian Semesta



Book Advisor Mandira



Apakah kalian sudah mengenal Mandira Dian Semesta? Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah book advisor, bener nggak? 

Whatever that, tak ada salahnya kita kenalan sedikit tentang book advisor Mandira. 

Mandira Dian Semesta (MDS) adalah sebuah perusahaan di bawah Mizan Grup yang ditugasi menangani aktivitas penjualan langsung. MDS membidik target pasar menengah ke atas dengan menawarkan buku-buku yang dikemas istimewa dan luks. Produk-produk ini tidak dijual di toko buku, tapi dipasarkan langsung kepada konsumen melalui layanan pintu-ke-pintu atau di pameran-pameran tertentu.

Selain buku-buku produksi dalam negeri, MDS juga mendistribusikan buku-buku terbitan luar negeri. Pasar MDS mencakup perusahaan swasta dan BUMN, lembaga-lembaga pendidikan, serta rumah tangga.

Adapun book advisor Mandira yang harum dengan pasukan pejuang literasi ini adalah profesi yang bertugas menjadi konsultan pendidikan anak dengan cara merekomendasikan sekaligus menjual buku-buku dari Mandira Dian Semesta.

Dengan menjadi book advisor Mandira, diharapkan mampu menyebarluaskan atau menjual buku-buku Mandira Dian Semesta yang bermuatan nilai-nilai luhur budi pekerti, kepribadian, dan ilmu pengetahuan ke masyarakat luas Indonesia.

Book advisor sendiri, berdasarkan sejarahnya, adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh para penikmat buku, pegiat literasi, pegiat pendidikan anak, dan pecinta ilmu pengetahuan.


Keuntungan Member Book Advisor



benefit menajdi member book advisor


Menjadi member book advisor apa sih enaknya? Beberapa keuntungan yang akan didapat yang perlu kalian tahu di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mudah dan Menguntungkan

Sebagai book advisor Mandira, kita tidak perlu repot-repot memikirkan dan menyimpan stok buku di rumah. Kita juga tidak perlu sibuk packing paket buku yang akan dikirimkan. Semua itu sudah dilakukan oleh kantor pusat. Kita tinggal menggaet pembeli, infokan pembelian pada kantor pusat, lalu dapat komisi. Mudah sekali kaan.

2. Komisi Lancar Meski Kerja di Rumah

Waktu kita bersama buah hati tak terenggut sama sekali. Justru, dengan menjadi book advisor Mandira, pengetahuan kita tentang parenting terus bertambah. Dan yang merasakan manfaatnya siapa lagi kalau bukan putra putri kita sendiri. 
Meski begitu, komisi dari buku-buku yang berhasil dijual mengalir lancar ke rekening. Nikmat apa lagi yang akan ku dustakan! Hihi. Aku sendiri sejak pertama gabung dengan modal nekat alhamdulillah bisa mewujudkan cita-cita home library untuk anak-anak yang jika dirupiahkan kira-kira mencapai puluhan juta. Alhamdulillah.

3. Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Siapa sih yang tak ingin menginjakkan kaki di negeri orang? Jalan-jalan ke Thailand, Malaysia, Singapura, China, Korea Selata, Eropa, hingga Mekah al Mukarramah. Mau ‘kan. Nah, Mandira Dian Semesta juga membuat sistim reward untuk para book advisor. 

Dengan poin yang dikumpulkan, para book advisor Mandira ini bisa mendapat kesempatan untuk bertandang ke negara-negara yang sudah disebut barusan. Seru ya ...

4. Jenjang Karir

Ada jenjang karir yang bisa para book advisor tempuh. Dari yang junior hingga leader. Tentu, ada perbedaan komisi untuk level-level tertentu. Jadi, pengabdian kita sebagai book Advisor Mizan tak akan stak di situ-situ saja.


Mungkin ada kekhawatiran bagi yang baru bergabung menjadi book advisor. Duh, bagaimana nanti cara memasarkan buku-bukunya? Bagaimana kalau tidak terjual? Bagaiman cara dapat pembeli? Bagaimana cara membuat arisan online? 

Dont worry be happy ya guys, Mandira Dian Semesta tak akan membiarkan para book advisor baru kebingungan dalam memulai karirnya. Bunda akan didukung dan dituntun oleh support team hingga memahami seluk beluk dunia marketing perbukuan. Kita akan dituntun bagaimana membuat proyek arisan oline, bagaimana menjual ke personal, dan banyak skill lainnya yang akan diberikan pada kita.

Tujuan 


Sepertinya tidak hanya air laut yang selalu mengalami pasang surut. Namun kondisi ini juga terjadi pada semangat para book advisor dalam menjalankan tugas mulianya. Tidak bisa dipungkiri, sudah  pasti mereka banyak sekali menghadapi tantangan dalam menjalankan misinya.

Disinilah event-event sharing online dihadirkan sebagai charger semangat yang mungkin hampir surut. Selain itu agenda semacam ini juga menjadi sarana untuk mengupgrade kembali ilmu-ilmu marketing yang mungkin hampir usang.

Rundown


Rundown acara seperti pada event-event serupa sebelumnya, diawali dengan sesi absen dan perkenalan, sharing rules, lanjut dengan pemaparan materi yang dibawakan dengan santai secara live streaming dengan durasi kurang lebih 30 menit selama beberapa hari. 

Adapun sesi tanya jawab bisa diajukan bebas karna pertanyaan bisa didrop di kolom komentar kapanpun selama periode sharing masih berlangsung.  Kebetulan sharing ini dilaksanakan di grup facebook sehingga para peserta bisa mengakses materi kapanpun juga meski ketinggalan livenya.

Materi


Beberapa kali saat mengadakan perjalanan seringkali mengalami satu kebingungan. Bingung mau kemana karna saat berangkat tidak menentukan tujuan pasti, yang penting ayo jalan aja waktu itu. Dan setelah kendaraan melaju berkilo-kilo, kita pun akhirnya menentukan untuk pulang saja karna nggak jelas mau kemana.

Satu pelajaran yang kudapat dari perjalanan ini adalah pentingnya menentukan satu tujuan ketika hendak melakukan perjalanan. Tak peduli sedekat atau sejauh apa, tujuan harus dipastikan agar perjalanan terarah. 

Sebagaimana pentingnya menentukan tujuan dalam melakukan perjalanan, rupanya hal ini berlaku juga dalam menjalankan suatu busines. Tak terkecuali dalam menjalankan perannya sebagai book advisor. Sejujurnya aku mendapatkan materi ini juga dalam event kelas bisnis online lain. Jadi aku berusaha menghimpun apa yang pernah singgah dalam otak.

Sebagai book advisor yang memiliki mimpi besar untuk menuju puncak karirnya hendaknya dari awal terlebih dahulu menentukan goal setting. Setidaknya ada beberapa manfaat ketika kita menentukan goal setting dari awal dalam menjalankan bisnis, yaitu :

  • Goal membantu kita bertumbuh
  • Goal membantu kita menentukan strategi
  • Goal membuat kita bertanggung jawab 
Adapun langkah dalam menentukan goal dalam setahun sederhananya adalah dengan menggambarkan posisi kita pada berbagai titik di masa mendatang:

  • Poisisi setahun dari sekarang
  • Enam bulan dari sekarang
  • Sebulan dari sekarang
  • Seminggu dari sekarang
  • Sehari

Trik Dalam Menentukan Setting Goal


Beberapa hal yang aku ingat dalam menentukan goal bisnis adalah seperti yang terangkum dalam kata SMART berikut ini :

  • Spesifik (spesific)
Buat target secara detail, jelas dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum. 
Contoh : Dalam satu tahun ke depan saya akan berangkat umroh
  • Dapat diukur (measurable)
Apabila sudah menentukan tujuan secara spesifik, maka langkah selanjutnya adalah mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah dibuat. Apakah kita bisa melihat semakin dekat dengan tujuan atau tidak. Guna dari adanya Measurable juga untuk melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada.

goal / tujuan harus bisa diukur untuk memperlihatkan progress ke tujuan yang akan dicapai.

Contoh : Apabila goal kita dalam setahun ingin berangkat umroh maka maka kita perlu menentukan nominal dana yang harus disisihkan setiap bulannya. 
  • Dapat dicapai (achievable)
Artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit. Dengan adanya Achievable ini, kita dapat menilai apakah tujuan yang telah dibuat tersebut dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak, maka kita bisa menetapkan tujuan lainnya.
  • Realistis (realistic)
Target harus realistis dan dapat dicapai (attainable), artinya target tidak boleh dibuat terlalu mudah (untuk performa standar kita), tapi juga tidak boleh terlalu sulit sehingga terasa mustahil untuk dicapai. 

Untuk membuat target kita tercapai kita perlu:

Menilai apakah tujuan yang sudah ditetapkan dapat dicapai atau tidak, dengan mengukurnya dari beban kerja, pengetahuan dan kemampuan atau dari sumber daya lain yang mendukung . Jika tidak, maka kita bisa menetapkan tujuan lain yang bisa dicapai di masa sekarang.

Target yang attainable juga akan menjawab pertanyaan, seperti : Apakah kita sudah memiliki komitmen kuat untuk mencapai tujuan ini? Apakah ada target lain yang lebih besar yang ingin dicapai?
  • Terikat waktu (time-bound)
Jika kita memiliki tujuan tentunya harus menetapkan batas waktu dalam mencapai tujuan/goal itu. Batas waktu ini yang realistis diperlukan agar dapat terfokus dan dapat mempersiapkan segala sesuatunya sedini mungkin.

Contoh : Ketika kita ingin berangkat umroh dalam satu tahun kedepan, maka kita perlu mempersiapkan dari sekarang hal-hal yang diperlukan untuk mendukung tercapainya goal tersebut sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Peserta


Peserta training adalah member book advisor yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta training.


Narasumber


Pemateri dalam training ini diisi oleh petinggi Mandira Dian Semesta yaitu Mbak Dini Setiawati selaku team manajemen Mandira.


Harapan


Rasanya senang sekali bisa mendapatkan ilmu baru seputar dunia marketing online. Dari yang tahunya hanya posting-posting gambar aja saat berjualan via medsos, kini jadi bertambah lagi wawasan. Ternyata masih banyak ilmu-ilmu marketing yang harus dipelajari agar aktifitas bisnis online yang kita jalankan bisa bertahan syukur-syukur bisa bertumbuh.

Walaupun masih terseok-seok dalam mempraktekan ilmunya, pastinya setelah mengikuti sharing online yang diadakan rutin oleh team manajemen Mandira ini terbitlah sebuah harapan. Mudah-mudahan goal yang telah kurancang bisa terealisasi dengan lancar. Doakan ya temans.

Dan nampaknya sekian dulu cerita dari aku tentang serunya belajar menentukan goal bisnis bersama team manajemen Mandira Dian Semesta. Semoga bermanfaat dan selalu nantikan cerita seru lainnya ya ...

Wassalamualaikum. wr.wb

Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

17 komentar

  1. Seru banget acaranya. Semoga selalu sukses goal bisnisnya.

    BalasHapus
  2. Seru banget trainingnya mbak, jadi banyak insight ya biar jualan makin berkembang

    BalasHapus
  3. hei, aku baru tau nih book advisor sekeren ini mbak. dan bisa bantu kita supaya terus fokus sama pencapaian kita kelak.

    BalasHapus
  4. Woho aku baru sebatas customer dari MDS sekarang, aku sepertinya tertarik jadi book advisor nya MDS mbak

    BalasHapus
  5. sudah denger lama nih mbak tentang book adviser ini, karena beberapa temen juga jualan. Jadi memang konsep jualannya itu lewat para dvisor yaa, nggak dijual secara umum di toko2 buku. Ini konsep menarik, kayak jualan yang dilakukan sama ning nisaul kamilah nggak sih? tahu kan mbak yang jualan buku suhita itu?

    bagus banget emang jualan model kayak gitu ya, memberdayakan perempuan sekaligus memberi bekal keilmuan wirausaha yaa. semoga laris dan terus semngat utk mengedukasi semangat membaca para orangtua ya mbak

    BalasHapus
  6. Wah boleh banget nih. Meski gak ikutan langsung tapi tetap dapat ilmunya. Sangat membuka wawasan untuk para wirausaha

    BalasHapus
  7. Seru bnget memang. Cuma kita memang harus giat kalau mau sukses ya. Semua bisnis pun sama sih menurutku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener yang telaten yang bakal panen hihi.

      Hapus
  8. Baru tahu klo ada MDS ini, mbak. Pasti seru dan ilmunya banyak banget ya.

    BalasHapus
  9. Yang dinantikan bu ibuu kebanyakan adalah meski kerja di rumah, komisi lancar dong. Hehe ngga kayak honorer kayak saya ini. Kerja di luar tp honor sering banget telat hikss.

    BalasHapus
  10. aku pernah gabung mds seperti ini, memang buku yang di tawarkan luxury dan harganya luar biasa tapi sesuai dengan harga, kualitas buku baik konten maupun cover bagus. tapi sekarang udah gak lagi, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sekarang sudah sibuk ngonten mungkin ya mbak eka. hihi

      Hapus
  11. MasyaAllah berkembang bersama ini ya Mba jadinya. Managemen begini memang keren banget, aku malah baru thau mbak. Jadi penasaran lebih banyak lagi.

    BalasHapus
  12. Wahhh buku skrg ada advosiornya utj penjualan ya. Bagus. Jadi lebih terbantu dan dpermudah jualan bukunya

    BalasHapus
  13. Bagus ya mbak ada pelatihannya juga bagi anggota. Kalau buku bukunya sendiri seperti apa? Ada sistem afiliasi kah?

    BalasHapus
  14. waah, seru banget dan sangat berfaedah ya mba bisa gabung di sini dan jadi anggota, bisa buka banyak pemikiran untuk bisa dapat uang plus jalan rejeki makin terbuka lebar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email