Asasunnajah header

Tips Sebelum Membeli Buku Anak Balita

1 komentar

Tips memilih buku untuk balita

Saatnya sharing sesion. Kali ini aku akan berbagi tips sebelum membeli buku anak balita. Dear, memiliki anak yang cinta membaca adalah dambaan setiap orang tua. Siapapun yang menyaksikan anaknya lekat dengan gadget pastilah miris rasanya. (Sambil ngaca hehe) 

Maka jalan untuk menuju cinta baca salah satunya adalah dengan membacakan buku sejak dini bahkan sejak ia masih dalam perut ibunya. Kabar baiknya, saat ini telah banyak orang tua yang melek literasi. Banyak diantara mereka yang ingin mengenalkan anaknya buku bacaan meskipun masih usia balita. Aku sendiri sedang belajar menjadi bagian dari mereka.

Masalahnya masih ada sebagian orang tua yang mengalami kebingungan dalam memilihkan buku untuk anak-anaknya khususnya yang masih usia balita. Pengalaman 4 tahun menjadi book advisor nggak hanya sekali dua kali mendapati pertanyaan dari para customer, "buku apa ya yang cocok untuk anakku?"

Dari komunitas ini aku mendapatkan wawasan seputar kriteria buku maupun tips memilih buku untuk anak usia 0 tahun hingga usia dewasa. Daripada insight berharga ini aku simpan sendiri bukankah lebih baik jika aku bagi agar menjadi informasi yang bermanfaat bagi orang banyak yang juga tengah membutuhkan.

Kriteria Buku Anak

Kriteria buku anak

Wah rasanya sudah nggak sabar ingin membelikan buku untuk anak-anak deh. Namun sebelum membeli buku, pastikan kita ketahui dulu kriteria buku untuk anak balita ya mom. Penjelasan berikut ini mudah-mudahan bisa membuka wawasan untuk kita sebelum berangkat ke toko buku atau membeli buku secara online. Berikut kriteria buku anak yang perlu dikenali :

  • Buku Cerita Anak-Anak Full Colour 
Buku dengan desain full colour bermanfaat untuk menstimulasi otak anak. Saat membacakan cerita dan anak menatap gambar di situlah stimulasi otak berlangsung. Warna apapun akan menjadi hal yang menarik untuk anak-anak dan memperkaya imajinasinya.
  • Alur Cerita Yang Sederhana
Pernah kaget saat mendapati buku anak yang hanya di dominasi gambar dengan teks yang secuil? Jangan salah ya mom, inilah kriteria buku anak yang sesuai standar. Anak yang masih balita mempunyai kemampuan konsentrasi yang masih pendek. 

Narasi yang sederhana bertujuan untuk memperkaya kreatifitas orang tua saat membacakan cerita sekaligus sarana merekatkan bonding. Bagaimana caranya? Orang tua bisa mengajak anak bermain peran atau menanyakan kembali apa yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita.
  • Buku Dilengkapi dengan Gambar
Gambar yang full colour serta bervariasi akan membantu memperkaya imajinasi anak-anak. Namun, pastikan gambar yang terdapat pada buku layak untuk disuguhkan. Jika terdapat gambar yang tidak layak atau melanggar norma jangan sungkan untuk mengeliminasi buku tersebut. 
  • Buku Cerita Anak Tidak Mudah Robek
Pengalaman menyatakan, anak balita sedang berada pada fase rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga tak jarang apapun yang ada didekatnya akan diexplore habis-habisan. Diputar, dijilat, dicelupin. "Eh .. kaya biskuit o*eo aja, hehe" 

Tak terkecuali buku, dan ciri-ciri buku yang baik untuk balita adalah yang aman untuk diexplore. Aman dari robekan, aman dari jilatan, dan tidak melukai anak-anak (sudut tumpul)
  • Buku Ringan dan Mudah Dibawa
Buku cerita yang ringan akan membantu si kecil dapat melihat atau membaca kembali bukunya di mana saja. Memberikan buah hati buku yang tepat akan membantu dia berkembang menjadi anak yang suka membaca. Dengan catatan, jangan cuma diberikan, ya. Dampingi si kecil saat melihat dan belajar membaca koleksi buku-bukunya.
  • Cerita yang Menggunakan Kata Positif
Masa balita adalah masa-masa dimana sedang menjadi peniru ulung terhadap apa yang dia lihat dan dengar. Tak jarang kita mendapati anak yang selalu menirukan gaya kakaknya atau orang tuanya. Dengan memberikan buku yang berisi kalimat-kalimat positif secara tidak langsung kita sedang menanamkan hal-hal positif kepada anak. 

Disamping itu anak usia ini masih belum bisa mengambil keputusan yang tepat yang juga memungkinkan anak akan mengambil kesimpulan yang mungkin salah. Maka, ada baiknya menghindarkan kata-kata yang berat dan koleksi ganda dari koleksi buku ceritanya.
  • Kaya dengan Kosakata
Buku yang kaya akan kosakata dapat membantu kemampuan anak dalam berkomunikasi. Berikan buku cerita yang memang menggunakan kata yang baik dan benar. Dapat memberikannya buku dengan kata atau bahasa yang tidak baku.
  • Alur Cerita Berkaitan dengan Kehidupan Anak-Anak
Buku yang terbaik adalah yang mampu melibatkan pembacanya. Dalam hal ini, anak-anak suka dengan buku yang menceritakan kehidupannya dari sisi lain. Baik buku petualangan maupun buku tentang kisah kehidupan, semuanya harus memiliki keterkaitan dengan tokoh yang seusianya. Hal ini akan membantu dia memahami diri dan sekitarnya.

Tips Sebelum Membelikan Buku Anak

Setelah mengetahui kriteria buku anak, sudah saatnya kita membelikan buku untuk anak. Beberapa hal berikut semoga bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan membelikan buku untuk anak-anak :
  • Pilihlah buku sesuai kebutuhan dan usia anak.
Sebelum membeli buku sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anak-anak di rumah. Jika anak-anak masih berusia balita, pilihlah buku untuk usia 0-5 tahun (masa golden age). Buku ini bermanfaat untuk mendampingi masa golden age dimana masa ini adalah saat tepat untuk membangun pondasi karakter anak. Berikan buku cerita yang memuat nilai-nilai moral, spiritual dan kemandirian anak.
  • Perhatikan Budget
Saat ini banyak sekali buku-buku yang dijual secara ekslusif dengan harga premium. Namun perlu diingat, perhatikan budget yang ada. Tidak perlu memaksakan diri untuk membelikan anak buku-buku premium dengan bandrol yang nampak menjulang. 

Sebagai tahap awal dalam mengenalkan buku kepada anak, kita bisa memulai dengan membelikan buku board book yang dijual secara ecer di toko buku terdekat maupun online.  Namun jika kalian kepincut untuk memberikan anak buku premium yang memang kualitasnya setara harga yang ditawarkan, teman-teman bisa mendapatkan kemudahan dengan cara arisan buku anak, cicilan hingga tabungan buku sesuai kemampuan.
  • Jangan ragu untuk bergabung menjadi member
Bergabung menjadi member toko online atau reseller walaupun untuk beberapa waktu tidak memungkinkan aktif menjadi seller, namun ada banyak benefit yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah informasi tentang buku-buku terbaru, potongan harga bahkan jika kita mau aktif menjadi seller ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan tambahan. Asyik ya ..
  • Manfaatkan Diskon
Ada lagi nih tips bagi emak-emak modis alias modal diskon, jangan lewatkan moment berharga ini ya. Memanfaatkan moment promo diskon akan memangkas pengeluaran belanja, dan sisanya bisa dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan lain deh.
  • Manfaatkan Moment Pree Order
Nah bagi kalian yang termasuk golongan hamba Allah penyabar, moment pree order cocok banget untuk bisa mendapatkan buku impian dengan harga jauh dibawah harga normal. Namun jangan lupa namanya juga buku PO, so siapkan stok sabar jauh-jauh hari ya.

Ok deh, nampaknya sekian dulu sharing tips sebelum membeli buku anak kali ini. Semoga bermanfaat ya. Sampai ketemu di coretan berikutnya.

Wassalamu'alaikum ..

Bahan bacaan :
https://www.parenthink.net/2017/06/01/cerita-anak-anak/


Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

1 komentar

  1. kalau cerita tidak menyesuaikan keseharian anak malah kurang nyambung,
    terima kasih tipsnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email