Asasunnajah header

Wajah Baru Blog Dengan Template Fiksioner di Penghujung 2020

29 komentar
cerita memasang template fiksioner sendiri

Hello dear, assalamu'alaikum wr.wb. Senang sekali rasanya bisa kembali menyapa teman-teman setelah semingguan alpa.  Oya, ada yang pangling dengan tampilan blogku nggak nih? Kali ini blogku emang tampil lebih singset karna baru sedot lemak. (Body fat kali ya ..) Jadi ceritanya kemaren bahkan sampai detik tulisan ini dibuat aku masih ngutak atik blog dengan template fiksioner sesuai arahan coach Marita

Mau tahu gimana cerita behind the kitchen blogku? Simak terus ya ..


Wajah Lawas Asasunnajah


wajah lawas asasunnajah


That's wajah lawas dari blogku ya guys. Blog dengan pemilihan template simple bawaan blogspot. Alhamdulillah, beruntung sekali aku bertemu dengan blogspedia coaching asuhan coach Marita disaat blogku masih bener-bener bayi merah. Saat itu artikelnya masih sebiji aja, jadi ngulik blognya  bisa terarah sesuai materi coaching. Entahlah jika isi blogku sudah bejibun pastinya bakalan berjuang lebih untuk membenahi artikel-artikel yang belum sesuai kaidah SEO.
 
Di penghujung tahun 2020 ini rasanya menjadi kebahagiaan tersendiri. Meskipun mungkin beberapa wishlist atau resolusi yang dibuat di awal tahun lalu belum tercapai di tahun ini tapi hadirnya blog ulfanafis.com dengan telah berTLD ini rasanya menjadi surprise di akhir tahun. 
Yang pasti semoga kedepan aku lebih bersemangat lagi dalam menulis dan blog ini menjadi ladang kemanfaatan wabilkhusus bagi diriku.

Behind The Kitchen Blog Asasunnajah

Cerita ini bermula dari tugas permak template di blogspedia coaching. Tugas ke-8 dari materi memasang template unduhan. Jauh sebelum materi ini turun beberapa peserta ada yang sudah kebelet banget buat ngrubah template dari template bawaan blogspot ke template unduhan. Akupun kepincut ingin ngrubah juga, tapi berhubung skill belum ada pastinya sabar dulu nunggu materi yang ada tuntas dong.

Dan setelah materi ini turun di google class, apa yang terjadi pemirsa?

Ternyata aku belum bisa langsung mengunyah materi lantaran kondisi masih dalam perjalanan mudik. Aku sudah membayangkan betapa ruwetnya ngedit-ngedit kode html, dengan membaca deretan pertanyaan teman-teman sekelas di grup wa yang sudah mulai asyik turun tangan.

Alhamdulillah selepas mudik sedikit demi sedikit materi memasang template unduhan beserta materi penunjang bisa kukunyah. Memang benar kata coach dan teman-teman, materi ini kalau hanya dibaca  dan dibayangkan akan membuat kepala makin pusing. So jangan hanya dibayangkan tapi langsung praktekkan saja, niscaya akan terbentang jalan. hihi

Benar juga bermodal nekat dan bismillah plus dipandu materi dari coach, pelan-pelan kumulai beraksi. Perjuangan ini dimulai dari mengunduh template fiksioner kemudian mengekstrak file unduhan, tak lupa sebelumnya aku backup data template lama sesuai instruksi. 

Lanjut dengan mengupload file xml dari template Fiksioner dan disinilah wajah baru blogku berubah begitu pengaturan template barunya disimpan. Yes alhamdulillah, ternyata tak seruwet yang kubayangkan, walaupun sempat mengulang aploud file xml lantaran ada missing saat hendak menyimpan. Namun pada akhirnya  aku yang cupu ternyata berhasil memasang template Fiksioner di blogku. Sekali lagi alhamdulillah ...

Berani, sabar dan teliti adalah koentji dalam memasang template unduhan.

Harus berani salah dan mau bersabar mengulang-ulang jika terdapat kegagalan, harus teliti dalam ngulik kode html apalagi dengan mata minus lebih dari tiga. Jika sudah siap dengan modal ini insya Allah kalian juga pasti bisa. 

Setelah berhasil memasang apakah cukup sampai disini kebahagiaannya?

Oo ternyata perjuangan belum berakhir teman, aku masih harus melanjutkan untuk membenahi beberapa kode HTML yang harus disesuaikan dengan instruksi materi coach Marita. Aku juga harus ngecek apakah blogku sudah SEO friendly after pemasangan template Fiksioner ini yang mana salah satu parameter SEO friendly adalah susunan Headers yang urut.

Lagi akupun masih harus membenahi menu dropdown, ngulik bagian thema dan layout, membubuhkan link medsos yang masih kosong, membenahi beberapa gambar artikel related post yang belum muncul, ngecek artikel apakah masih ada missing di SEO parameter. 

Huft ternyata buanyak banget yang masih harus dibenahi, tak salah kalau coach memberikan batas waktu cukup lama untuk tugas kali ini.

Mengapa Memilih Template Fiksioner

Membayangkan betapa ruwetnya memasang dan membenahi template unduhan, mungkin kalian sempat bertanya-tanya dalam hati, "kenapa juga harus ganti template fiksioner?" 

Dan tahukah? Itu juga pertanyaanku jaman dulu. Kalian mau tahu jawabannya? 
Inilah alasan yang mendasari coach menyarankan para muridnya untuk menggunakan template fiksioner. 

Fiksioner adalah tema Blogspot gratis yang cocok untuk digunakan oleh blog dengan semua tema seperti personal, berita, pendidikan, kesehatan, tutorial, dan lainnya. Dioptimalkan dari segi kecepatan loading halaman, SEO, dan posisi penempatan iklan yang strategis.
Gimana guys? Masuk nggak alasannya? 
Ya pantes lah ya, yang jelas aku sangat berterimakasih pada coach Marita yang tak hanya menyuguhkan materi tapi juga melatih mandiri. Bisa aja kita minta tolong dan membayar seseorang untuk memasangkan biar nggak perlu repot dan ruwet tapi rupanya di coaching ini menerapkan kemandirian. Benar-benar coaching blogging rasa militer guys.
Eh tetiba aku jadi teringat buku anak-anak di rumah yang mengajarkan kemandirian sejak dini. hihi

Wajah Baru Semangat Baru



Tampilan blog setelah diubah fiksioner
Wajah baru ulfanafis.com

Setelah beberapa hari bergulat dengan kode html taraa inilah wajah baru blogku. Ada banyak sekali  perubahan dari tampilan lawas. Mulai dari image header yang kuubah lantaran ukuran dari default fiksioner sangat kecil sehingga aku pun inisiatif membuat image header baru sekalian. 

Beberapa waktu sempat bingung dengan menu dropdown bawaan fiksioner hingga aku membuat dropdown dari tutorial lain. Eh setelah terpasang justru malah membuat tampilan homepage nampak amburadul. Haha, maafkan daku yang masih cupu ini ya..

Alhamdulillah berkat kesabaran coach menghadapi hantaman pertanyaan yang bertubi-tubi akhirnya aku pun berhasil menata ulang menu dropdown dari fiksioner sesuai kebutuhan, walaupun masih ada yang butuh kupasang lagi.

Di Fiksioner, related post ini sudah otomatis akan muncul di setiap tulisan yang punya label sama. Otomatis. Jadi tak perlu memasukkan kode HTML sendiri. Asyiknya tuh disini, berasa sudah pro aja nih. hihi 
Untuk tampilan side bar masih tetap sama di sebelah kanan post dan belum ada perubahan atau tambahan widget lagi. Dan tadi baru saja menambahkan CSS untuk menampilkan judul artikel biar rata tengah. Daaan ... 

That's my journey of blogging this week guys. Semoga cerita tentang memasang template fiksioner ini bermanfaat ya. Jangan sungkan untuk meninggalkan jejak di kolom komentar dan nantikan cerita seru berikutnya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.


Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

29 komentar

  1. alhamdulillah sudah berganti, nggak hanya tahun yg berganti. blog juga ganti tampilan baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah jadi makin semangat ngeblognya, hihi

      Hapus
  2. Akhirnya bisa ganti tampilan blog juga ya mba, walaupun hampir seminggu nggak sempat nulis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kebetulan beberapa hari ada agenda ke luar kota plus mudik. Jadi baru bisa fokus usai mudik. Alhamdulillah bisa ngejar juga yang tadinya dihantui keruwetan duluan haha

      Hapus
  3. Pinky unyu-unyu.. udah cakeeep. Btw, galfok sama bihend.. behind mbak yang bener hehe. Semoga semakin tambah semangat ngeblog ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk ya Allah iya coach, ruwet ruwet dunia haha makasih coach udah dikoreksi, jadi malu aku. haha

      Hapus
  4. alhamdulillah sudah jadi yamba penampilan baru, sukses teruuus mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bisa terus menempa diri meningkatkan kualitas kontennya, amiin

      Hapus
  5. Yeeeei sudah keren tampilan blognya. Suka banget BW ke sini nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaa makasih banyak Mbak Tami.. selalu mengharap supportnya ..

      Hapus
  6. Blognya jadi makin bagus dan cantik mbak tampilannya, jadi makin nyaman main kesini. Congrats ya mbak, semoga smakin memacu buat ngonten ❤️❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaa makasih mbak Dwi, siap untuk menempa diri lagi meningkatkan kualitas konten. Selalu kuharap supportnya.

      Hapus
  7. Cewek banger ini warna blognya. Jadi serasa berbunga-bunga. Cantik, enak dilihat. Semangat ngeblog buat kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak selamat dan sukses selalu untuk kita semua ..

      Hapus
  8. Siip mba dah keren.
    Hadiah tahun baru dari coach ya ini hihi

    BalasHapus
  9. selamaaat mbak nafis, blog nya makin cantik, header image nya juga cantiik 😍💛

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, selamat mbak untuk template baru dari fiksioner nya, it's looked fresh

    BalasHapus
  11. Wah selamat ya mbak.. semoga dengan tampilan baru tulisan baru juga semakin banyak bermunculan.

    BalasHapus
  12. wuiih.. pertama kali liat, suka akutuh.. nggak terlalu mencolok mata warna templatenya, keren deh mbak. semoga semakin semangat nulis yaa :D

    BalasHapus
  13. Pertama kali lihat. Sepertinya bagus sih. Sedergana tapi tetap estetik. P

    BalasHapus
  14. Yuhuuuu, akhir tahun template baru, semangat baruuu..

    Semakin cakep sama tampilan blognya mba, kusukaaa 😍😍
    Pilihan warnanya maniss and cute, heheheh

    BalasHapus
  15. Keren mbaak Nafis. Sekarang blognya selain punya konten oke, tampilannya pun manis. Semoga 2021 siap nerima content placement ya mbaa, semangat!

    BalasHapus
  16. Suka warna peach nya mbak. Wah jd lgsg bljr html jg ya diajarin sama coach marita nih. Mantep bgt. Aku aja masih ga mudeng sama html nih..

    BalasHapus
  17. kalau berhasil utak atik template itu memang rasanya senang banget deh, bangga sendiri gitu.
    selamat ya Mbak, moga template barunya jadi penyemangat sendiri tuk lebih rajin lagi ngeblognya ;)

    BalasHapus
  18. barokallah mbak Nafis hasilnya cakep sekali. Mba Marita emang coach idola ya. Sukses ngeblognya kita

    BalasHapus
  19. Yeaay, selamat ya mba, tahun baru tampilan baru jga blognya, aku kmren jga akhirnya masang sndiri pake gratisannya igniel

    BalasHapus
  20. Cantik mba Nagis blognya. Warnanya jd lembut tampilannya. Aku suka. Aku jg pngen ganti template tapi masih maju mundur.

    BalasHapus
  21. Kak cara memasang banner foto kayak di header gt gimana ya caranya

    BalasHapus
  22. Cara pasang foto banner di header kayak blog kakak gimana caranya yaq

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email