Asasunnajah header

Ide Bisnis Kreatif Minim Modal Untuk Ibu Rumah Tangga

11 komentar
Ide Bisnis Rumahan

Mbahas soal ide bisnis emang sound interest ya bund. Apalagi buat para ibu rumah tangga yang lagi mikir keras biar bisa berdaya meski di rumah saja.
 
"Ah aku mah uang dari suami udah sangat cukup buat selimutan .."

Wow ... mantap alhamdulillah dong, tapi meskipun nafkah dari suami udah melimpah, perempuan itu paling nggak bisa diam sembari songgo wang. Padahal pekerjaan ngasuh anak dan ngurus rumah aja sudah cukup menyita perhatian ya. 

Yah namanya juga manusia, selain kebutuhan akan nafkah ada kebutuhan psikologis yang harus terpenuhi juga. So, meski sudah berkecukupan dan berselimut cuan, perempuan kudu punya ruang untuk berkarya biar selalu sehat dan awet muda.

Salah satu cara untuk tetap berkarya meski di rumah saja adalah dengan membuka bisnis. Bagi ibu-ibu menjalankan bisnis selain untuk memenuhi kebutuhan psikis, juga sebagai ikhtiar untuk tetap berdikari.

Lalu ide bisnis apa yang bisa dilakukan di rumah dengan modal yang minim?

Markipo!
Mari kita kepoin. 

Ide Usaha Minim Modal Untuk Ibu Rumah Tangga

By the way, apakah masih ada yang berpikir bahwa untuk membuka bisnis seseorang kudu mengeluarkan modal uang yang banyak?

Tidak salah sih dengan anggapan yang demikian.  Namun fakta di lapangan tidak sedikit pengusaha sukses yang memulai bisnisnya hanya dengan modal kuota. Apalagi saat ini zaman serba online, peluang usaha makin mudah diakses.

Ibu-ibu yang meski aktifitasnya hanya di rumah saja kini pun bisa dengan mudah membuka usaha kapanpun.  Dan inilah beberapa alternatif  usaha rumahan dengan modal minim yang bisa dilakukan di rumah :

1. Bloggerpreneur

Guys, apakah kalian tahu bahwa menjadi blogger bukanlah sebuah aktifitas menjalankan hobi semata? Aku pun baru tahu setelah ikut kelas ngeblog pemula, tepatnya sejak setahun yang lalu.

Menjadi blogger ternyata banyak sekali peluang job yang pastinya bisa menghasilkan cuan. Jika kalian minat dengan dunia menulis ada banyak bertaburan job menulis, content placement, revew produk, dan lain sebagainya.

Tapi for your information guys, sebagaimana usaha lainnya menjadi blogger pun kudu siap berproses dan mau terus menempa diri untuk bisa sampai level pro.

Jadi apakah kalian berminat untuk menjadi bloggerpreneur?

2. Book Advisor Mandira

Berikutnya adalah menjadi seorang Book Advisor atau konsultan buku anak Mandira. Ini cocok banget buat ibu-ibu pecinta dunia literasi yang ingin tetep bisa full membersamai anak tapi sekaligus berpenghasilan dari rumah.

Untuk menjadi Book Advisor Mandira secara gratis, kalian bisa memulainya dengan menjadi reseller buku anak. Jangan khawatir karna kita tak perlu membeli produknya terlebih dahulu untuk bisa menjadi reseller.

Seperti usaha pada umumnya menjalankan usaha konsultan buku anak harus mau berproses, konsisten dan mau menempa diri. Komisi dan Reward yang ditawarkan juga nggak main-main untuk yang mau serius menjalankan usaha ini.

Penghasilan jutaan hasil komisi penjualan reward umroh dan trip ke luar negeri pun siap menanti. Apakah kalian tertarik?

3. Membuka Kursus/Bimbel

Banyak sekali kawan-kawan yang menekuni usaha ini bahkan sejak masih berstatus sebagai mahasiswi. Membuka bimbingan belajar ternyata memang banyak sekali diminati mengingat kebutuhan guru les yang meningkat setiap harinya. 

Apalagi dengan adanya sekolah yang sempat DARING di masa pandemi banyak anak-anak yang merasa kesulitan dengan pelajaran tertentu. Seperti pelajaran Matematika, Bahasa Inggris atau pelajaran lainnya. Dengan modal ilmu yang dimiliki terbukti usaha bidang ini cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

4. Membuka Jasa Laundry 

 Punya mesin cuci di rumah? Yuk manfaatkan kemalasan orang lain untuk membuka jasa laundry. Hidup di kota dengan mobilitas tinggi memberikan dampak malas untuk mencuci baju.

Dengan memanfaatkan mesin cuci di rumah sebagai modal awal, kalian bisa menawarkan berbagai macam jasa seperti cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dan lain sebagainya.

Kunci sukses bisnis laundry yaitu berikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Jaga setiap pakaian pelanggan agar selalu dalam keadaan baik. Cuci pakaian dengan bersih, tata dengan rapi, dan wangi.

5. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah jenis usaha yang dilakukan dengan menyalurkan barang dari distributor ke konsumen. Untuk menjadi dropshipper pun caranya sangat mudah, kalian bisa melihat trend barang yang sedang banyak diminati lalu mulailah tawarkan pada orang-orang sekitar, baik secara online maupun offline.

Misalkan jika kita minat dengan fashion, makanan, atau pernak-pernik, kita tinggal mencari suplier produk yang terpercaya lalu tawarkan. Jika ada orderan kita pun tak perlu repot untuk mengurus packing dan pengiriman, karna semua dihandle oleh supplier.

Fyi banyak sekali pengusaha sukses hingga membangun brand-nya sendiri bermula dari menjadi dropshipper. 

Itulah 5 ide bisnis kreatif minim modal yang bisa jadi alternatif penghasilan tambahan untuk ibu rumah tangga. Pastikan saat memilih jenis usaha sesuaikan dengan minat dan passion kita. Agar dalam menjalankannya tidak ada rasa terpaksa.

Sekian semoga bermanfaat. 

Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

11 komentar

  1. Aku penasaran deh sama book advisor mbak, pada dasarnya hobi bakul aku nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simpelnya book advisor itu marketer buku anak premium bu, iya mirip dropshipper gitu deh. Cuma yang dijual buku.

      Hapus
  2. Bisa jadi rekomendasi nih buat istri saya kalau ia nanti mau belajar bisnis kreatif. Bisa di rumah saja ya menjalankannya, tetap berdaya.

    BalasHapus
  3. Asik bisnis laundry masuk juga nie buat ide bisnis kreatif. Nanti kalau mau buka laundry calling-calling aku ya mbak Nafis haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa .. Ada konsultan laundry nih. Ashiap deeh..

      Hapus
  4. Dropshipper emang enak, nggak perlu nyetok barang. Cocok buat yang modalnya terbatas. Cukup kuota hape udah bisa jualan.

    BalasHapus
  5. Aku pernah coba semua kecuali laundry wkk
    Eh tapi bukan advisor mandira si mba, jualan buku aja dari beberapa penerbit lain hehehe

    BalasHapus
  6. Asyik... Bloggerpreneur masuk salah satu alternatif. Ibu rumah tangga gak perlu sering-sering keluar rumah ya kalau menekuni bidang satu ini. Cocok deh...

    BalasHapus
  7. Zaman sekarang semuanya serba mudah yaaa. Mau usaha apapun tanpa modal pun dah bisa jd entrepreneur. Tinggal kitanya yg harus serius menjalani apa yg yg sudah kita mulai. Jgn setengah²

    BalasHapus

Posting Komentar