Asasunnajah header

Cara Hidup Sehat Dan Awet Muda Ala Kak Seto

11 komentar
Cara Hidup Sehat Dan Awet Muda Ala Kak Seto


Membahas soal kesehatan disaat dunia tengah dalam pesakitan aku jadi teringat manakala bola mataku terhenti pada sebuah story instagram salah satu akun teman. Malam itu ia membagikan postingan seorang kakek yang hingga kini masih dipanggil "kak". 

Masih teringat caption dalam story itu yang kurang lebihnya begini, "satu-satunya kakek yang masih dipanggil kak". Kalian pasti sudah akrab dengan seorang psikolog yang masyhur dengan panggilan Kak Seto bukan?

Lalu story itu pun auto menggiring jemariku menelusuri akun Kak Seto, yang setelah kuscroll dari atas ke bawah rata-rata postingan beliau mirip kampanye hidup sehat dan awet muda. 

Masya Allah diusianya yang telah menginjak angka 70 nampak sekali fisiknya yang masih sangat energik. Nggak hanya energik dari konten yang diunggah beliau juga terlihat kompak dengan anak cucu. Bermain bersama, ngonten bersama, ah gembira pokoknya.

Sebagai ibu tiga anak yang harus selalu sehat seger waras dan awet muda demi keberlangsungan tugas mulianya dalam rumah tangga, apalagi ditengah gelombang  pandemi yang tidak pasti, aku penasaran dong gimana cara hidup sehat dan awet muda beliau.

Kalian penasaran juga? Yuk kita kepoin bersama.

Rumus Hidup Sehat dan Awet Muda Kak Seto 

Setelah bergerilya mencari sumber informasi, akhirnya ketemulah beberapa artikel yang membeberkan rumus hidup sehat dan awet muda Kak Seto. Tahu rumus hidup sehat dan awet mudanya apa?

"GEMBIRA" adalah rumusnya. 

Wow ... Ibu-ibu beranak tiga bisakah selalu gembira? 

Lawong kadang ngramut satu anak yang tingkahnya bagai kitiran aja nggak pake lama bisa keluar tanduk. Belum tugas-tugas lain yang bisa menguras tenaga. Hmmmh auto menghela nafas.

Sssst ... sabar bu, tuntaskan dulu nyimaknya. Meskipun ini tips dari kakek-kakek insya Allah tipsnya bisa diadopsi kaum ibu.

Jadi sebenernya GEMBIRA itu adalah sebuah akronim yang jika diurai jadinya seperti ini :

G-Gerak

Persis dengan konten yang diunggah dalam akunnya, beliau selalu gerak dan anti mager. Ternyata gerak sudah menjadi hal yang tak bisa lepas dari hidupnya. Tak jarang beliau meluangkan waktu untuk berlari sebelum seminar.

Dengan selalu bergerak aktif, akan membuat sehat jiwa dan raga. So, ibu-ibu yuk mari mulai bergerak aktif biar sehat dan bugar lahir batin.  

E-Emosi Cerdas

Ketika ibu-ibu bertanya apakah ini artinya nggak boleh marah biar hidup sehat, ternyata boleh lho marah. Tapi sebaiknya luapkan marah dengan cara yang baik dan terkendali. 

Menurut beliau marah itu boleh asal jangan cepat menutup hati. Jadi ketika marah sampaikan saja dengan baik dan komunikatif, jangan sampai merusak kekeluargaan dan persahabatan.

Ini yang perlu dilatih ya bu!

M-Makan dan Minum Berkualitas dan Teratur

Menjaga kualitas pola makan dan minum yang teratur. Jadi tidak mengkonsumsi makanan secara sembarangan, baik dari kuantitas maupun kualitas bahan makanan. 

Wah ini kudu dicatet ya, tugas ibu-ibu untuk menyajikan makanan yang sehat di rumah. Mulai skip makanan-makanan instan dan bermicin nih. 

B-Bersyukur dan Beribadah

Bener banget bersyukur dan beribadah adalah dua hal yang tidak boleh dilewatkan. Dengan bersyukur akan membuat kita ringan dan tenang dalam menjalani hari-hari. 

I-Istirahat

Selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Menurut Kak Seto hal ini selain mengistirahatkan fisik juga mengistirahatkan hati dan pikiran dari hal-hal negatif. Beliau juga tidak biasa begadang lho.

Sepakat deh, anggota tubuh juga punya hak untuk istirahat ya. Biar bisa kembali fresh dalam menjalankan aktifitas. Jika badan dipaksa bekerja terus menerus, ia juga bisa protes.

R-Rukun

Menjaga kerukunan dalam keluarga dan pertemanan. Btw menjaga kerukunan diam-diam juga butuh perjuangan dan pengorbanan ya. Tak jarang harus mengalah demi terjaganya silaturahim antar teman. 

Tapi insya Allah buahnya adalah hidup sehat dan awet muda.

A-Aktif Berkarya

Dulu pernah membaca bahwa seseorang yang pikun itu bukan karna usia, tapi karna otaknya tidak lagi dipakai. Kalian pernah mendengar juga nggak, bahwa salah satu fadhilah menghafal qur'an adalah dijaga dari pikun. Bisa jadi ini karna otaknya selalu diasah dan dipakai untuk mengulang-ulang hafalan ya. Makanya dijaga dari sifat pikun.

Nah salah satu rahasia hidup sehat dan awet muda beliau adalah terus berkarya. Dengan berkarya otak akan selalu diasah.

Berkarya bisa dilakukan dengan banyak hal seperti menulis, menghafal qur'an, melakukan aksi sosial dan lainnya.

***
Itulah rahasia hidup sehat dan awet muda ala Kak Seto, insya Allah rumus GEMBIRAnya bisa diadopsi juga oleh kita kaum ibu maupun bapak-bapak ya. Yuk markicob, mari kita coba. Semoga bisa menjadi wasilah selalu sehat seluruh keluarga di musim pandemi yang tak pasti ini.

 

Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

11 komentar

  1. Yes, mulai sekarang aku selalu GEMBIRA, biar dipanggil kakak dokter terus... hehehe, ini teori lebih mudah ya daripada praktiknya... Tapi kalo motivasi sudahkuat, insyaallah berhasil...

    BalasHapus
  2. Biar ga kalah sama Kak Seto, saya masuk gerakan pramuka, karena berapa pun umur pembina di pramuka selalu dipanggil 'Kak' ... hehehe. Tapi benernya, Kak Seto itu tampak awet muda banget, saatnya ikuti tips GEMBIRA-nya

    BalasHapus
  3. Kemarin lihat di youtube kak Seto memang bugar sekali. Wah tipsnya harus diamalkan nih

    BalasHapus
  4. Waaah biar tetep bugar dan sehat harus deh ya pantengi youtubenya kak seto nih

    BalasHapus
  5. Nggak nyangka udah 70 tahun euy...nggak keliatan yaa..

    BalasHapus
  6. stu lagi ka, banyakin tertawa hehe rumornya sih bkin awet muda. tapi jangan tertawa sendirian ya

    BalasHapus
  7. Waduh, dari rumus nomor satunya aja dah kegetok nih saya.
    Pandemi bikin banyak mager
    Alesannya ada deadline, hayu wae depan laptop dan di kasur

    BalasHapus
  8. Beneran, Mbak. Aktif bergerak memang salah satu tips awet muda. teringat salah satu nasehat saudara mbah kung, mbak. gerak dan makan sehat membuat mesin metebolisme tubuh bergerak semestinya. kita kan nggak. Kita? aku aja kali ya:3

    BalasHapus
  9. Kak Seto rambutnya ikonik banget. Dari zaman kecil sampai sekarang, masih bertahan. Tak lekang oleh waktu. Awet muda juga, ternyata rahasianya GEMBIRA.

    BalasHapus
  10. Jadi tau skrg resep awet muda dan energik dri kak Seto, smoga bsa meniru dan menjalankan secara konsisten biar awet muda dan sehat seperti beliau

    BalasHapus
  11. wah aku mau adopsi nih, GEMBIRA hahahah , aku auto inget dengan parodi tentang marah nya ibu pakai nada indah atas arahan kak seto hehhehe

    BalasHapus

Posting Komentar