Asasunnajah header

Lima Quotes Parenting Inspiratif

25 komentar
Lima quotes parenting inspiratif


Guys, kalian pernah nggak pada suatu waktu berada di titik jenuh, kemudian pada saat itu menemukan sebuah quotes yang relate banget dengan keadaan kalian. Saat itulah kalian merasa termotivasi dan akhirnya tersadar kembali dari kegalauan. 

Aku dong pernah juga mengalami hal serupa dan tanpa kita sadari quotes yang kita baca kemudian meninggalkan efek positif ini serupa mantra ajaib lho. Maka dari itu pada kesempatan kali ini aku akan merangkum kumpulan quotes inspiratif seputar parenting yang tak hanya membuatku termotivasi, tapi juga mengembalikan kesadaranku akan pentingnya membersamai anak-anak di masa emasnya.

Apakah kalian juga ibu rumah tangga yang suka mengalami up and down dalam mengasuh? Jika iya, berarti kalian berjodoh dengan tulisan ini. So, simak hingga tuntas ya ..

Pengertian Quotes

Quote adalah kutipan dari sebuah teks atau pidato yang biasa ditemui dalam suatu ilustrasi. Menurut Oxford Learner’s Dictionaries, quote is a group of words or a short piece of writing taken from a book, play, speech, etc. and repeated because it is interesting or useful. 

Quote merupakan sekelompok kata atau tulisan pendek yang diambil dari sebuah buku, drama, pidato, dan lain-lain dan diulang karena menarik atau berguna. Quote biasanya diberi tanda kutip (“...”). Biasanya dicantumkan sumber untuk menunjukkan asal kalimat dari sumber lain atau mengkredit si penulis atau pencetus asli. Selain digunakan untuk karya ilmiah, biasanya quote juga bisa kita temui pada gambar-gambar di poster atau internet.

Tujuan Quotes

Perlu diketahui ya guys bahwa quotes ini keberadaannya memiliki beragam tujuan. Seperti dalam bidang akademis, quote ini digunakan untuk mendukung argumen atau pendapat penulis. 

Sementara pada ilustrasi atau poster, quote yang berupa kata-kata bijak bertujuan untuk memberi motivasi, inspirasi, pengingat, dan lainnya yang berkaitan dengan gambar yang ada.

Seperti kumpulan quotes yang akan kutulis ini tujuannya adalah sebagai motivasi juga pengingat dalam membersamai anak-anak dikala semangat mengasuh mengalami up and down. Dan berikut ini adalah kumpulan quotes yang pernah aku baca dan membuatku merasa bagai ditampar-tampar.

Kutipan Quotes Tentang Parenting

Pertama 

Quotes tentang parenting


Quotes ini aku dapatkan dari grup Fun With Mommy Grey 2 yang diambil dari salah satu buku parenting beken. Quotes inilah salah satunya yang membuatku makin dibuat sadar dan bener-bener ingin totalitas dalam memaksimalkan masa emas anak. Walaupun dalam prakteknya masih belum maksimal. Yang penting terus belajar ya guys.

" ...bagian terpenting dari kehidupan Bukanlah di universitas, tetapi periode pertama dari usia 0 - 6 tahun karena selama periode ini seluruh instrumen besar manusia dibentuk, bukan kecerdasan saja tapi seluruh kecakapan psikis"

( Maria Montessori, 1949)

Kedua

Parenting quotes inspiratif
Quotes kedua ini mengingatkanku untuk selalu kreatif dalam mengajarkan sesuatu pada anak dan tidak memaksakan kehendak. Jujur sih ini bener-bener PR untukku yang kurang kreatif, dan terkadang suka terpengaruh oleh inner child.  Semoga dengan membaca quotes ini, jadi makin terlecut untuk terus belajar kreatif ya guys.

“Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, diciptakan kalian untuk zaman kalian ”-Ali bin Abi Thalib

Ketiga

Quotes parenting terhits
“Anak adalah peniru ulung. Tunjukanlah selalu hal baik agar mereka bisa menirunya dengan baik ” _ESQ 

Quotes ini membuatku merasa diingatkan untuk selalu menjaga sikap dan tutur kata khususnya di depan anak-anak, karna sikap dan tutur kata anak-anak akan menampakkan bagaimana sikap dan tutur kata  orang tua. 

Keempat

Motivasi parenting
"Perlakukanlah anakmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan" 

Lagi-lagi aku belajar bahwa tak hanya pada orang lain tapi juga pada anak-anak untuk memperlakukan mereka sebagaimana kita ingin diperlakukan. Terkadang, menghadapi maunya anak-anak yang kita masih belum faham bisa mengikis kesabaran, tapi quotes ini bisa menjadi jawaban bahwa anak-anak juga manusia.  

Kelima 

Quotes seputar parenting inspiratif
Quotes ini seolah mengingatkanku untuk tak perlu menyesali uang yang habis untuk membeli fasilitas penunjang tumbuh kembang anak-anak. Sebab masa emas anak yang telah lewat tak bisa diputar kembali apalagi dibeli.

"Uang yang habis bisa dicari lagi, tapi masa emas anak yang telah lewat siapa bisa membeli"

Penutup

Guys .. jika ditanya "Apakah kamu ingin kembali mengajar di luar sebagaimana yang dulu pernah kamu lakukan?"  Keajaiban kata-kata diatas nampaknya cukup mewakili jawabanku. Bahwa karir yang tertunda, bisnis yang gagal masih bisa diusahakan. Tapi jika gagal dalam mendidik anak tak bisa diulang lagi. Semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam menjaga amanahNya. Amin Ya  Allah.

Itulah lima quotes inspiratif yang tak hanya memotivasiku tapi juga sekaligus menjadi self reminder bagiku. Sebenarnya masih ada banyak quotes tentang parenting, tapi dari sekian banyak quotes yang bertebaran sengaja aku tuliskan dulu yang bener-bener telah membangkitkan kesadaranku dari tidur panjang, bahwa untuk saat ini anak-anak adalah prioritas utama. Mudah-mudahan next time bisa sharing tentang quotes parenting lebih banyak lagi. 

Nah kalau teman-teman quotes tentang parenting yang paling di hati apa nih? Sharing yuuuk ..
Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

25 komentar

  1. Mbak nafis....quotenya kalau dilihat dari laptop kecil banget, Mbak. Aku sampai maju-maju biar bisa kebaca semua. Untuk masih bisa kebaca meskipun kecil.

    Anyway quote kesukaanku adalah ini mbak
    "Orang tua itu adalah petani bagi anak-anaknya, bukan pemahat"

    Petani karena tugasnya itu hanya merawat tanaman. Tanaman ini ibarat anak-anak. Jadi anak-anak mau jadi apa itu adalah pilihannya. Tugas orang tua hanya memberikan pengarahan, memfasilitasi. Bukan memaksa membentuk sesuai keinginan si pemahat.

    Love it banget itu, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kekecilan kemaren ukurannya pake presentasi, makasih sharing simbok_li ..

      Hapus
    2. Gambarnya disetting original size nggak mbak? Disetting original aja.. jadi lebih enak dibaca. Btw, quotenya kece2.

      Aku tuh hobi ngumpulin quote.. buat inspirasi kalau lagi down hehe

      Hapus
  2. bener banget ini semua quotenya. btw gambarnya mungkin bisa diperbesar mba biar lebih eyecatching :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mom makasih banyak masukannya, iya ya kekecilan aku juga sempat berpikir demikian tapi belum sempat edit ulang ..

      Hapus
  3. Setujuuu sama quote di poin empat..
    sampe ada yang bilang gini, perilaku anak mencerminkan bagaimana perilaku orang tua dimasa lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, kadang-kadang jadi malu sendiri kalau lihat tingkah anak pas menirukan yang nggak sesuai harapan hiks.

      Hapus
  4. “Anak adalah peniru ulung. Tunjukanlah selalu hal baik agar mereka bisa menirunya dengan baik ” _ESQ

    setuju sama yg satu ini nih, jadi sebisa mungkin nggak menunjukkan hal negatif sama anak ya..

    suka sama semua kuots nyaa..

    BalasHapus
  5. Nah yang sedang relate di aku itu yang peniru ulung mom. Quotes ini reminder banget. Karena sekali aja orang tua melakukan hal kurang baik dan ditiru, nyesek deh. Si anak kuga gak salah, apalagi belum baligh. Jadi ortu memang harus selalu sadar diri dan sabar hati :(

    BalasHapus
  6. Aku berasa ke sentil dengan quotes nya. Didiklah anak sesuai zamannya. Anak peniru ulung juga masa emas tak bisa diulang. Harus belajar banyak nih.

    BalasHapus
  7. yang paling ngena banget itu adalah quite "Uang yang habis bisa dicari lagi, tapi masa emas anak yang telah lewat siapa bisa membeli" ini setali tiga uang dengan aktivitas saya sebagai blogger, yang kadang secara gak langsung merampas masa golden age mereka karena kesibukan saya. makasih quote nya ya, jadi reminder nih

    BalasHapus
  8. Nah aku suka yang terakhir tuh. Karena banyak kan kasus orangtua yang giat mencari uang sampai2 anaknya terabaikan.

    BalasHapus
  9. Bismillah tetap hepi dan semangat dengan quote ya mbak. Pagi-pagi dapet doping tulisan keren.

    BalasHapus
  10. Masya Allah, ini jadi pengingat lagi ya mbak, emang harus terus diingatkan dg quote-quote begini nih biar selalu terasah insting jd orang tuanya hehe

    BalasHapus
  11. Huaa makasih ya Mbak
    aku jadi banyak copy quotenya
    semuanya berkaitan dengan anak
    jadi pengingat diri sendiri

    BalasHapus
  12. Karena semua yang berkaitan dengan anak akan selalu menjadi pengingat diri ya mbaaa.....

    BalasHapus
  13. Lebih suka yang no. 5 ,

    Terkadang biasanya orang tua suka sekali membelikan mainan atau barang-barang yang diinginkan untuk anak . Tapi tergantung juga sih apakah barangnya penting atau tidak untuk anak-anak

    BalasHapus
  14. Belajar parenting melalui kata-kata mutiara serasa menyejukkan, mengambil ilmu tanpa merasa digurui. Semoga kita bisa menjadi orang tua terbaik untuk setiap anak-anak kita

    BalasHapus
  15. Saya termasuk yang sempat menyesali masa kekanak si sulung karena bekerja. Meski harusnya itu bukan alasan, karena fokus ibu memang anak.
    Bersyukur dia mau memaafkan bundanya dan kami kembali menjalin ulang kasih sayang saat sekarang dia sudah kuliah.

    BalasHapus
  16. Rasanya gagal mendidik anak akan lebih membekas dibandingkan gagal berbisnis. Semoga kita bisa mendidik anak dengan baik ya mba :)

    BalasHapus
  17. Suka quotenya Ali bin Abi Thalib. Kadang saya kalau sama anak suka bawa² gaya hidup zaman saya. Makanya kadang suka berdebat. Ilmu parenting memang kudu dipelajari seumur hidup.

    BalasHapus
  18. Masya Allah.. jadi pengingat lagi untuk saya sebagai orangtua... Terimakasih atas tulisannya ini mbaa

    BalasHapus
  19. Setuju dengan paragrag terakhir mba. Uang yg habis bisa dicari, bisnis yang gagal bisa bangkit lagi, tapi jika gagal dalam mendidik anak tak bisa diusahakan lagi. Apalagi perkembangan di usia emasnya..
    Selain quote di atas, salah satu quote yang aku juga suka adalah "Children see, children do"

    BalasHapus
  20. Anak-anak tuh suka banget liat kelakuan orang-orang di sekitarnya. Aku suka quote bahwa uang bisa dicari tapi masa-masa keemasan anak tidak bisa dicari apalagi diulang.

    BalasHapus
  21. Ih quote nya ngena banget. Punya mkna2 gitu.
    Aku suka quote, tapi lebih ke buci atau galau wkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email