Asasunnajah header

Peringati Hari Blogger Nasional dengan Belajar Manajemen Waktu

Posting Komentar

Assalamualaikum teman-teman...

Selamat Hari Blogger Nasional guys. Kembali pagi ini kumenyapa dan tak lupa doaku selalu menyerta semoga kalian selalu dalam sehat dan bertabur keberkahan. Amiin ya Allah.

Selamat hari blogger nasional

Di pagi yang sejuk ini bertepatan dengan hari blogger nasional yaitu tanggal 27 Oktober 2020 yang ke-4 ingin kucurahkan sesuatu yang telah berjubel di kepala. Jujur, sesungguhnya aku baru tahu kalau ada hari blogger nasional, tepatnya setelah mendapat holiday task dari blogspedia coaching asuhan Kakak guru Marita Ningtyas.

Biar bloggingnya makin militan kayaknya perlu tahu dulu nih apa itu blog dan sejarah peresmian hari blogger nasional ini. Dan setelah searching di google bertemulah dengan ulasan tentang sejarah dan perkembangan hari blogger nasional.

Bagi blogger newbie nan cupu kaya aku, kudu tahu bahwa blog secara global adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. 

Sementara menurut penjabaran Merriam Webster, Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan penulis blog.

Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki. 

Oke itu sekilas aja pengertian blog. Adapun Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan pesta blogger tahun itu. 

Momentum Hari Blogger Nasional


Jujur dulu kala tepatnya tahun 2008 sesungguhnya aku sudah pernah punya blog, tapi lantaran nggak keurus lenyaplah sudah. Dan kini mulai lagi dari nol.

Dalam moment hari blogger ini, sebagai newbie nggak ada event perayaan khusus yang aku ikuti sih. Kecuali event marathon coaching yang digelar oleh growthing.id sejak tanggal 25 kemaren. Acara yang bener-bener baru buatku ini sungguh keren dan sukses membuat kepalaku ngebul.

Walaupun demikian bolehlah hari ini kujadikan sebuah momentum untuk menata ulang niat,atau tujuan ngeblog seperti yang sudah kuutarakan dalam menentukan big why dalam memulai blogging dan ikut berpartisipasi meramaikan jagad blogger Indonesia.

Harapan

Meskipun masih banyak istilah-istilah dalam dunia blogging yang begitu asing di telinga yang membuatku harus mengeluarkan seluruh tenaga dalam untuk mencerna istilah perbloggingan pastinya aku juga punya harapan dong.

Yah sebagai orang yang trafficnya lebih banyak di dalam rumah paling tidak aku bisa berbuat sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang banyak khususnya lewat tulisan. Meskipun saat ini kontennya masih recehan mudah-mudahan dengan konsisten ngeblog  skill menulis semakin terasah.

Dan satu lagi mudah-mudahan semakin hari aku juga makin bisa memaksimalkan dalam mengelola blog ini. 

Manfaat Manajemen Waktu


Demi mewujudkan harapan kali ini aku akan belajar tentang manajemen waktu. Btw adakah teman-teman yang masih amburadul dalam mengelola waktu, khususnya bagi ibu-ibu dengan pekerjaan yang tiada habisnya?

Dengan waktu yang sama yaitu 24 jam sehari setiap orang berbeda-beda dalam produktifitasnya. Kenapa?  Karna perbedaan dalam mengelola waktunya. Sebagai blogger newbie yang pingin bisa produktif nulis pastinya harus bisa mengelola waktunya dong.

Karna dengan mengelola waktu sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Duuh aku banget nih masih suka menunda-nunda pekerjaan. Saatnya berbenah. Dan tahukah kalian selain membantu fokus, manajemen waktu juga memiliki manfaat lain seperti berikut ini lho:

1.Meningkatkan reputasi. 
Ketika kita mengerjakan berbagai pekerjaan dengan cepat lebih dari harapan orang-orang atau minimal tepat waktu, kita akan dianggap sebagai orang yang dapat dipercaya. Mereka yakin kita mampu menjalankan tanggung jawab dengan baik.

2.Lebih banyak waktu luang.
 
Jika kita disiplin menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal, pekerjaan akan selesai lebih cepat dan kita akan memiliki lebih banyak waktu luang.

3.Mengurangi stres. 

Ketika kita tidak dikejar-kejar deadline karena pekerjaan telah selesai tepat waktu, stress tentunya akan berkurang drastis.

4.Mengurangi masalah.
 
Seringkali karena seseorang stress dan terburu-buru, ia cenderung teledor dan menciptakan masalah yang lain. Selain itu keterlambatan juga seringkali menimbulkan masalah. Dengan time management yang baik, masalah tentu akan berkurang drastis.

5.Lebih banyak menyelesaikan pekerjaan. 

Ketika kita mengatur waktu, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Dan setelah itu, kita dapat mengerjakan pekerjaan yang lain. Dengan demikian, lebih banyak pekerjaan yang kita selesaikan melalui pengaturan waktu yang baik.

Tips Manajemen Waktu


Lalu bagaimana agar kegiatan kita lebih teratur, rapi, produktif dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan? 

Beberapa tips berikut yang kudapat dari https://www.karyaone.co.id/blog/manajemen-waktu/ bisa kita coba :

1. Tetapkan Tujuan Anda

Dalam bidang apapun nampaknya semua hal harus bisa menentukan tujuan awal yang akan kita capai.  Sehingga kita pun bisa menentukan aktivitas-aktivitas apa yang akan mendukung pencapaian tersebut baik jangka panjang maupun jangka pendek. 
Maka mulailah untuk fokus pada tujuan, abaikan aktivitas lainnya yang sama sekali tidak berhubungan/tidak mendukung tujuan kita

Contoh :
Kalau tujuan kita mau blogging, berarti aktifitas kita harus yang berkaitan dengan dunia blogging. Membaca banyak literatur, membuat konten, ikut grup komunitas blogger, dll.

2. Lihat Hal Apa Saja yang Bisa Membuang Waktu

Sering banget kita tidak sadar bahwa kita melakukan hal-hal tidak penting yang malah membuat waktu berharga terbuang percuma. Kadang sebenernya ya sadar juga sih. wkwkwk

Contoh paling nyata adalah smartphone,  seringkali waktu kita terbuang sia-sia didepan smartphone. Stalking medsos nggak jelas dan nggak tentu arah. Selain itu rumah berantakan, dehidrasi, meeting yang tidak perlu sangat membuang waktu. Kayaknya ko' pernah ngalami semua ya. hiks

3. Implementasikan Rencana Manajemen Waktu

Pertama-tama tentukan goal-goal yang ingin dicapai dalam periode tertentu. Kemudian buat daftar rencana hal-hal yang perlu dilakukan setiap hari untuk mencapai hal tsb. Duuh jadi teringat saat training bisnis online. Ternyata nggak cuma dalam dunia bisnis aja ya soal manajemen waktu. Setiap orang yang pengen sukses nampaknya wajib menguasai manajemen waktu.

Kedua, bedakan antara hal-hal yang mendesak dan hal yang prioritas. Lakukan dulu pekerjaan yang mendesak sehingga kita tidak ketinggalan. Kaya saat kita mendapat tugas dari coach Marita misalnya. Ingat tugas ingat prioritas. hihi

Ketiga, Tentukan hal-hal mana yang perlu dikerjakan duluan. Jika semuanya sama-sama penting,  sebaiknya mengerjakan tugas yang paling mudah dahulu kemudian yang paling sulit. 

Dengan demikian, kita akan merasa tenang karena sudah ada beberapa tugas yang selesai dikerjakan. Jika sebaliknya, kita hanya akan fokus pada 1 pekerjaan sulit sehingga pekerjaan yang mudah terbengkalai tak dikerjakan. Bener banget nih, catet ya guys.

Keempat, pastikan kita membawa daftar tersebut kemanapun kita pergi. 
Menentukan apa kegiatan yang perlu diprioritaskan, dan menggunakan waktu dengan tepat merupakan tantangan setiap orang.

4. Belajar untuk Meminta Tolong Kepada Orang Lain

Tidak semua orang bisa mempercayakan pekerjaan yang harus dilakukannya kepada orang lain. Namun untuk menjalankan sebuah bisnis, kita harus menyadari bahwa tentu kita tidak bisa mengerjakan semuanya seorang diri. Istilahnya pendelegasian tugas ya guys. 

Belajar untuk bisa percaya kepada karyawan atau rekan kerja dan minta bantuan mereka jika kewalahan mengerjakan suatu tugas tertentu.

5. Buat Jadwal Rutinitas

Agar terbiasa dengan jadwal pengaturan yang baru, buat jadwal rutinitas harian yang harus dilakukan dan ikuti dengan baik. Yup bener banget, ini kalau dalam dunia book advisor semacam bikin to do list harian lah istilahnya.

Kita bisa membuat list misalnya mulai dari bangun tidur, olahraga, sarapan, perjalanan menuju kantor, jadwal olah raga di saat sore, memasak makan malam, mengevaluasi kegiatan sehari-hari dan waktu bersama keluarga.

Keberhasilan seseorang ditentukan oleh rutinitas hariannya. Pastikan kita memiliki rutinitas yang produktif, sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma.

6. Biasakan Batasi Waktu untuk Melakukan Sesuatu

Dari semua hal yang telah disebutkan sebelumnya bukan berarti kita dilarang untuk melakukan hal lain. Kita tetap bisa sedikit bersantai dengan mengobrol atau bermain media sosial agar tidak terlalu stress dengan pekerjaan. Namun ingatkan diri sendiri untuk membatasi waktunya.

7. Pastikan Keperluan Pekerjaan Anda Tersimpan dengan Baik

Mencari file di komputer dapat menghabiskan waktu. Jumlah file yang terlalu banyak dapat membuat komputer menjadi lebih lambat. Pemilahan file dalam komputer untuk bekerja akan memudahkan pengguna menemukan file yang dicari.

Sisihkan waktu khusus untuk merapikan semua file di komputer. Begitu juga dengan kertas-kertas yang menumpuk di meja kita. Dengan begini kita bisa dengan mudah mendapatkan data yang diperlukan suatu waktu nanti.

8. Isi Waktu saat Menunggu

Jangan biarkan waktu menunggu terbuang sia-sia tanpa mengisinya dengan hal yang produktif. Guys jika kita seorang penulis atau pebisnis online kita bisa memanfaatkan teknologi untuk tetap aktif dan produktif melakukan sesuatu misalnya membalas email, membalas chat, memeriksa laporan atau merencanakan agenda marketing, membuat konten promosi, membuat outline tulisan dan lain sebagainya yang sifatnya produktif dan bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Alhamdulillah, setelah sukses menentukan big why dalam ngeblog akhirnya kini kita bisa mulai mengatur waktu. So guys tulisan ini jangan cuma dicatet, yuk ah kita mulai praktek bikin to do list harian.

Semoga catatan di Hari Blogger Nasional ini bermanfaat ya teman-teman. Sampai jumpa dalam cuap-cuap berikutnya.

Wassalamu'alaikum wr.wb
Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email