Asasunnajah header

Mengenal Perbedaan Minyak Telon dengan Minyak Kayu Putih

34 komentar
minyak telon kekinian


Dear man teman, yang punya baby pastinya berkawan dekat dengan kedua minyak diatas. Duo minyak berkhasiat bagi kesehatan yang wajib ada di rumah. Namun apakah kalian tahu bahwa minyak telon dengan minyak kayu putih itu berbeda?
Ya tentu tahu dong. 
Meskipun teman-teman sudah tahu, namun aku tetap akan menguraikan perbedaan keduanya disini. Sebab nyatanya masih ada yang masih kesulitan membedakan keduanya. 

Minyak Telon

rekomendasi minyak telon dan kayu putih

Demi mendapatkan perbandingan antara minyak telon dengan minyak kayu putih, marilah kita tengok dulu komposisi dari minyak telon. Minyak telon memiliki tiga bahan alami yaitu campuran minyak kelapa, minyak adas (oleum foeniculi) dan minyak eucalyptus dengan kadar berbeda-beda.

Adapun minyak adas terbuat dari tanaman herbal dengan khasiat untuk mengatasi masalah pencernaan, perut kembung serta meningkatkan selera makan si Kecil. Sedangkan minyak eucalyptus biasanya merupakan minyak atsiri alami yang disuling dari tanaman ekaliptus (Eucalyptus Globulus). Sebelum minyaknya diambil, daun eucalyptus dikeringkan, dihancurkan, kemudian disaring sampai minyaknya keluar.

Minyak telon memiliki tekstur yang lebih kental dan licin, sehingga lebih lama meresap ke bagian kulit. Dengan tekstur dan aroma yang lebih menenangkan, minyak telon bisa digunakan sebagai aroma terapi.

Sebagai perlengkapan yang wajib ada di rumah, minyak telon berkhasiat untuk menghangatkan tubuh si Kecil. Berbagai kandungan dari minyak telon memberikan banyak manfaat termasuk membantu terlindungi dari gigitan serangga dan nyamuk, mengatasi gangguan pernapasan yang tersumbat dan meredakan perut yang kembung.


Minyak Kayu Putih

Nah sekarang kita lihat komposisi dari minyak kayu putih ya. Minyak kayu putih yang dikenal dengan cajuput oil terbuat dari pohon jenis Melaleuca leucadendra atau Melaleuca cajuputi. Daun dan ranting dari kedua pohon ini digunakan untuk diekstraksi dengan proses penyulingan. 

Minyak kayu putih berwarna kuning dengan aroma yang kuat. Bahan kimia sineol yang terkandung dalam minyak kayu putih akan memberikan sensasi hangat pada kulit. Namun ada juga minyak kayu putih yang terbuat dari cengkeh, minyak esensial dan menthol. Ketika ketiga bahan ini dicampur dengan berbagai proses, maka rasa hangat dari minyak kayu putih pun bisa dirasakan ketika dioleskan ke tubuh.

Selain aromanya yang begitu kuat, minyak kayu putih juga memiliki sensasi rasa lebih hangat saat dioleskan di kulit ketimbang minyak telon. Adapun tekstur minyak kayu putih cenderung tidak kental  sehingga lebih cepat meresap di kulit.

Beberapa manfaat minyak kayu putih sering digunakan sehabis mandi atau pada saat merasa tidak enak badan, pusing, kembung hingga mampu menghilangkan rasa nyeri serta mencegah infeksi pada luka. Minyak kayu putih pun dapat dipergunakan sebagai aromaterapi yang membantu meredakan masalah pernapasan.

Rekomendasi Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih Kekinian

Minyak kayu putih kekinian


Membahas duo minyak diatas, aku jadi teringat beberapa waktu yang lalu aku mendapat kiriman Knap Cajuput dan Dino Roar dari salah satu teman SMP yang dari dulu selalu menginspirasiku Ummu Matsna Zuhri.
 
Sesuai namanya Knap Cajuput adalah minyak kayu putih, namun ada yang istimewa dari Knap Cajuput hasil racikan tangan dingin PhD student natural product drug discovery ini. Selain kemasannya unyu-unyu dan super imut dengan netto 20 ml yang cocok banget untuk teman travelling, minyak ini memiliki aroma yang khas. Knap cajuput ini terbuat dari 100% natural product dari cajuput essential oil pilihan hasil budi daya perkebunan Indonesia. 

Selain itu sebotol KNAP Cajuput oil ini juga berkhasiat menghangatkan sekaligus relaksasi dengan aroma original cajuputnya. Selain kemasan mini sebagai teman traveling, KNAP Cajuput juga menyediakan kemasan 200 ML. 

Kemasan 100 ML yang juga cocok untuk persediaan di rumah maupun travelling dengan kemasan botol spray sangat mudah untuk mengaplikasikan saat dibutuhkan. Tinggal semprotkan pada area perut, punggung, dan leher sensasi hangat seketika terasa nikmat.

Sedangkan Dino Roar ini adalah produk minyak telon yang juga memiliki aroma khas selain kemasannya yang unik. Dengan kandungan 35% cajuput oil, 10% Fennel oil, dan 55% Oleum cocos memiliki khasiat untuk menghangatkan badan. 

Berbeda dengan produk minyak telon pada umumnya, kemasan Dino Roar dengan botol spray dan label bergambar kartun dinosaurus ini membuatku makin mudah saat mengaplikasikannya pada anak-anak setelah mandi. 

Tinggal semprot-semprot ke punggung, perut, maupun bagian tubuh lain yang membutuhkan sensasi hangat pun langsung terasa. 

Akhir kata aku angkat topi dengan kehadiran duo minyak telon dan minyak kayu putih ini dan tak lupa aku ucapkan terima kasih pada CO founder yang telah memproduksi dengan setulus hati. 

Teman-teman juga bisa menikmati sensasi kehangatan KNAP cajuput dan DINO ROAR telon oil kekinian dengan menghubungi Mbak Ummu. 

Sekian.

Bahan bacaan : https://www.popmama.com/life/health/fx-dimas-prasetyo/perbedaan-minyak-telon-dan-minyak-kayu-putih/4


Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

There is no other posts in this category.

34 komentar

  1. Wah bagus nih pakai spray simple dan gak takut tumpah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak pipit, tinggal semprot aja. jadi gampil .

      Hapus
  2. Baunya bagaimana mbak? sama seperti mintak kayu putih kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baunya beda, harumnya khas, minyak kayu putihnya ada cengkehnya juga ..

      Hapus
  3. Aku lebih suka telon sih, lebih ringan aja dan wanginya lebih nempel dibanding minyak kayu putih. Ini kemasannya disemprot ya kak? Inovasi baru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tinggal semprot, aku juga jadi dibikin mudah pas abis mandi anak-anak biasa suka lari-lari gitu, jadi tinggal semprotin aja di punggung sama dada baru diusap2 deh

      Hapus
  4. Baca ada tulisan clove-nya di foto, aku langsung baca lebih teliti.. ternyata memang ada ya yang memadukannya dengan minyak kayu putih. Penasaran sama aromanya jadi kayak apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, dicoba aja. enak wanginya .. beda sih sama yang biasanya.

      Hapus
  5. Waaahh mbaa aku suka sama packagingnyaa ih lucuu. Di shopee ada. Gga ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tokopedia mbak jihan ada, di shopee kayaknya belum ada ..

      Hapus
  6. memahami perbedaan keduanya perlu nih. orang suka ngiranya sama karena fungsinya sama, padahal jelas komposisinya berbeda yaa. suka deh kalau produknya support petani lokal gitu. semoga laris manis jualannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin ya Allah, iya dari dulu nggak pernah memperhatikan perbedaan komposisi duo minyak itu ya hihi

      Hapus
  7. Anakku udh mau 3tahun tp tetep setia dg minyak telon krn lbh soft aja sih wanginya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau minyak kayu putih emang cocoknya buat dewasa ya.. karna aromanya yang tajam hehe

      Hapus
  8. Saya baru tahu ada produk cajuput mbak. Botolnya kecil dan sangat ringan serta mudah di bawa-bawa dan juga praktis.


    Tapi kalau saya sih pilih tim minyak kayu putih aja deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kemasannya unik. Sesuai kebutuhan lah ya ..

      Hapus
  9. Dulu aku kira mereka sama lho, haha..
    Dan jujur, aku lebih suka minyak kayu putih, kayak le ih terasa hangat aja gitu, hihi..

    Semoga sukses terus untuk petani lokal semua 🤗

    BalasHapus
  10. Biasanya aku menggunakan dua-duanya mom buat diolesin kebuah hati :) dua-duanya cocok sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun terkadang make keduanya, tapi kalau duo minyak dari knap ini aromanya sama-sama enak dan aroma minyak kayu putihnya pun sedaap ada biji cengekhnya juga didalem botol ..

      Hapus
  11. Dino Roar si minyak telonnya unik sekali. Nggak perlu repot repot tuangin ke tangan sebelum dipakaikan ke si kecil. Tinggal spray saja, selesai.

    Dijual umum nggak Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, produk teman dijual umum juga, bisa order via tokopedia atau IG knap cajuput.

      Hapus
  12. Aku lho mbak, nggak tahu kalau beda. Tak kirain sama aja, minyak kayu putih dan minyak telon tuh. Katrok banget ya, padahal anak 3 dan sekarang sudah besar-besar. Thank mbak tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, akupun baru tahu semenjak kehadiran duo minyak ini, terus penasaran apa sih bedanya.

      Hapus
  13. Lucu bgt mbak...aku pengen coba sdeh mbak. Harganya berapa? Bisa beli di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belinya di Instagram @knap.cajuput atau @ummu.mz bisa mbak atau lewat saya juga bisa ..

      Hapus
  14. Ya Allah selama ini akupun menganggapnya sama aja. Ternyata beda ya. Tapi kl aroma aku memang lebih suka minyak telon sih. Ini ada kemasan spray ya mbak. Jd lebih enak ya

    BalasHapus
  15. Minyak telon Ternyata isinya minyak kayu putih juga ya dicampur dengan minyak kelapa dan minyak lainnya

    BalasHapus
  16. wah menarik nih inovasi produknya. apalagi kemasannya yang mungil jadi travel friendly ya kak

    BalasHapus
  17. Bru tau merk ini aku mba, lain dripda yg lain ya krna cara pakainya disemprot..

    BalasHapus
  18. Anak ku sampai sekarang lebih suka pakai telon karena lebih ringan di badannya. mereka gak suka minyak kayu putih karena di bilang terlalu menyengkat. btw itu kemasannya imut banget ya. travel fredly.

    BalasHapus
  19. aku suka aroma keduanya,,,, aneh, bisa bikin tenang loh bau minyak2 ini

    kadang klo aku ga bisa tdur aku olesin inyak kayu putih atau telon, eh pules dongg wkkwkw

    BalasHapus
  20. aku pake dua-dua nya nih, minyak telom buat mijit dan kayu putih buat balur. tapikadang sih abis mandi aku balurin telon juga

    BalasHapus
  21. Aku suka keduanya mba, antara minyak telon dan minyak kayuputih.
    Suka pake juga, dan ada stok. Make keduanya bikin nyaman dalam berkegiatan sehari-hari kalau mau bobok aku juga make mba

    BalasHapus

Posting Komentar