Asasunnajah header

Seni Memelihara Mood dan Rumus Menjaga Semangat

14 komentar
Seni memelihara mood

Memasuki ODOP (One Day One Post) day 14 dengan tema "Seni" tadinya sempat mikir keras mau nulis apa. Dan tak dinyana maghrib tadi kala nggoreng sosis, tetiba bang ilham datang dan memberiku titah untuk menuliskan seni memelihara mood.
 
Tak bisa dipungkiri sebagai seorang emak dengan tiga anak yang full time di rumah aja, terkadang kondisi mood layaknya jakun perjaka yang tengah bersitatap dengan wanita cantik. Ia suka naik turun tanpa diminta. Padahal seorang emak sebagai center keceriaan dan ketentraman rumah tangga sangat penting untuk memelihara mood agar tetap stabil.
Lalu adakah rahasia dalam memelihara mood?

Berkenalan Dengan Mood

"Aku lagi nggak mood nih," "Aku lagi bad mood." Begitulah kalimat yang sering kita dengar saat rasa aras-arasen melanda. Sebenarnya mood itu apa sih?

Dikutip dari ovista.com, mood adalah keadaan emosional yang bersifat sementara, bisa beberapa menit sampai beberapa minggu. Mood biasanya memiliki nilai kualitas positif atau negatif. Dengan kata lain, orang hampir selalu membicarakan salah satu dari kualitas mood yaitu mood baik (good mood) atau mood buruk (bad mood). Mood mempengaruhi cara seseorang merespon rangsangan. Misalnya, mood yang tertekan cenderung merespon negatif, sedangkan mood senang cenderung merespon dengan semangat.

Dari pengertian di atas, sekarang kita jadi tahu bahwa saat kita merasa malas melakukan sesuatu, bawaannya mager melulu itu artinya kita sedang terdampak oleh cuaca hati yang sedang buruk. Tapi tak perlu khawatir ya guys, karna kondisi semacam ini hanya bersifat sementara dan bisa diatasi.

Namun sayangnya fakta mengatakan bahwa mood seseorang itu bisa menular. Bagus dong kalau good mood yang menular, yang menyedihkan jika bad mood yang menular. Disinilah pentingnya menjaga mood agar selalu dalam kondisi yang good.

Rahasia Memelihara Mood

Mengingat betapa pentingnya menjaga mood agar senantiasa dalam keadaan baik demi kelancaran aktivitas harian, berikut ini yang bisa kita lakukan untuk menjaga mood :
Sering kali dehidrasi membuat tubuh kita merasa lemas dan pusing, yang akhirnya membuyarkan konsentrasi saat beraktivitas. So pastikan kita cukup minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. Cukup air putih akan membuat tubuh menjadi sehat, mood baik pun akan berpihak.
  • Konsumsi buah dan sayuran
Sebagian orang tidak suka mengonsumsi buah dan sayur, padahal nutrisi yang terkandung dalam buah membuat tubuh kita menjadi sehat. Konsumsi buah dan sayur secara rutin agar tubuh menjadi sehat.
  • Belajar hal baru
Mempelajari hal baru akan membuat kita merasa tertantang. Dengan tantangan hidup akan lebih berkembang.
  • Cukup Tidur
Kurang tidur membuat kita tidak fokus dalam melakukan kegiatan apapun dan tidak mampu membuat keputusan. Tidur yang cukup membuat kita dalam suasana hati yang baik dan menjaga semangat untuk melakukan kegiatan.
  • Kenakan outfit kesukaan 
Percaya atau tidak mengenakan outfit kesukaan akan menciiptakan rasa percaya diri dan membuat kita makin bergairah dalam melakukan pekerjaan.
  • Selalu bersyukur
Senantiasa bersyukur dengan apa yang kita miliki, dengan pencapaian yang telah kita lewati. Bahwa apa-apa yang saat ini melekat dalam diri kita belum tentu dirasakan oleh mereka.

Rumus Menjaga Semangat

Setelah diangen-angen berdasarkan pengalaman pribadi ternyata tiga hal ini menjadi rumus menjaga semangat,
Siapapun pernah mengalami pasang surut semangat, termasuk aku. Nah dengan membuat challenge atau tantangan untuk diri sendiri secara rutin ternyata ampuh untuk menjaga semangat beraktivitas lho, aktivitas apapun.

Contoh, membuat tantangan muroja'ah 3 juz perhari, tantangan membuat setoran hafalan 1 halaman perhari, tantangan menulis 300 kata perhari, tantangan menabung 20.000/hari, dan tantangan serupa lainnya sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Menaklukan tantangan
Setelah membuat tantangan untuk diri sendiri, jangan kendor untuk menaklukan tantangannya ya guys. Ketika kita berhasil menaklukkan tantangan yang telah kita buat, salah satu dampak positifnya adalah kita akan merasa ada yang kurang saat kita tidak lagi melakukan aktivitas tersebut. 
Dalam arti aktivitas yang semula tantangan akan menjadi sebuah habit positif.
  • Merayakan keberhasilan 
Jika kita berhasil menaklukkan tantangan, jangan lupa untuk merayakannya yah. Nggak perlu dengan upacara yang wah ko', cukup dengan berterima kasih pada diri sendiri bahwa ternyata kita hebat telah sukses menaklukkan tantangan. Atau berikan hadiah-hadiah kecil misalkan dengan membeli barang-barang kesukaan yang memang sedang dibutuhkan. 

Penutup

Thats, sharing tentang seni memelihara mood dan rumus menjaga semangat. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Kalau kalian punya rahasia apa nih untuk menjaga mood dan semangat? Yuk sharing di kolom komentar.
  
Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

14 komentar

  1. Ternyata air putih bsia menjaga mood, ya. Aku suka sih minum, jadinya sering ke kamar mandi. Tapi rasanya enak sih banyak minum air putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak cuma jaga mood, tapi minum air putih hangat juga bisa bikin glowing wajah .. hihi

      Hapus
  2. Tidur cukup tuh emang menjaga mood banget, kebanyakan jadi pusing. Kalau kurang tidur pasti rasanya gak enak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul apalagi ibu-ibu dengan balita nih, kudu pinter atur jadwal tidur. biar energi tetap stabil hehe

      Hapus
  3. Saya orangnya moody sekali nih, harus mulai mempraktekan tips-tips dari mbak Ulfa sepertinya

    BalasHapus
  4. kayaknya banyak sekali kebiasaan saya yang bikin mood berantakan, ntar aku coba terapin tips-tips dari mbak ulfa

    BalasHapus
  5. Selalu bersyukur ini yang paling harus dicatat, diingat dan dipraktekkan. Sederhana tapi banyak lupanya.

    BalasHapus
  6. Wah, ternyata mood bisa diperbaiki dengan menjaga nutrisi juga ya. Terima kasih tipsnya Mbak. Wajib di bookmark dan dishare nih.

    BalasHapus
  7. Kurang tidur adalah masalah utamaku mbak hahaha tapi alhamdulillahnya aku suka minum air putih juga, jadi ya nggak bad mood banget lah ya hehe

    BalasHapus
  8. Waaa... Ini asli sih tipsnya berguna banget mbaa... Terimaksih udah berbagi yaa.. Krn bagi saya mengatur mood ini sangatlah penting.. hehehhe

    BalasHapus
  9. Contoh membuat challenge nya gak tanggung2 y bund๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  10. Aku suka banget bagian apresiasi diri mba. Kadang apresiasinya kayak nonton episode lanjutan drakor atau sesederhana sarapan roti dan susu, udah bikin bahagia

    BalasHapus
  11. Judul postingannya menarik, kusukaa..

    Mood ada dimana², heheh
    Kl aku lagi gk mood, itu pertanda butuh hiburan. Kode utk diri sendiri ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  12. Betul...judulny menarik banget. Dan sama, kaget tetiba yang dibahas air putih dll.

    Sebenarnya gampang ya jaga mood, tapi menantang dirinya nih yang berat.
    Barakallah mbak Nafis

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email