Asasunnajah header

Short Course Gratis 30 Juta Pertama Dari Ngeblog

12 komentar

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 26-28 Oktober alhamdulillah aku berkesempatan mengikuti short course blogger yang diinisiasi oleh tiga blogger senior multitalent yaitu Mbak Jihan Mawaddah, Mbak Shafira Adlina, dan Mas Rozaq. Dari awal mendengar kabar tentang agenda short course ini, dalam hati aku berikrar "apapun yang terjadi aku harus ikut!". 

Short course blogger bagiku adalah kesempatan emas untuk mengais ilmu lagi khususnya dibidang blogging, apalagi course ini diadakan secara gratis. Setahun menjadi blogger cupu tentu saja pingin meningkatkan skill perbloggingan dong. Bagai durian runtuh, terlewat dari kelas SEO MOM terbitlah info short course gratis ini. Kebetulan banget materi yang diberikan pada short course ini sesuai dengan kebutuhan blogger cupu macam aku yang nampaknya ada di kelas SEO MOM. Artinya aku masih kebagian rejeki ilmu serupa. 

Apa Sih Short Course Blogger?

Seperti namanya ini adalah sebuah kursus singkat yang diadakan selama tiga hari. Kegiatan ini diinisiasi oleh blogger famous penuh prestasi yaitu Mbak Jihan Mawaddah, Mbak Shafira Adlina, dan Mas Rozak. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 26 hingga 28 Oktober ini berlangsung pukul 19.30 hingga selesei lewat zoominar.
Selama tiga hari inilah para peserta menerima tiga materi yang semuanya adalah daging. Tiga materi tersebut adalah :
  • Cara menulis artikel yang menarik dibawakan oleh mbak Shafira.
  • SEO dan tips menang lomba blog yang dibawakan oleh mbak Jihan.
  • Google Adsense dan SEO yang dibawakan oleh mas Rozak.
Gimana ajib kan materinya, apalagi yang membawakan bener-bener telah pengalaman dibidangnya. Sebuah quotes juga hadir ditengah-tengah materi.
Siapapun yang berlatih selama 10.000 jam dengan disiplin dibidang tertentu, maka ia akan ahli dibidang itu.  

Quotes yang sangat menggugah jiwaku untuk terus belajar dan berlatih. Sesungguhnya siapapun yang mau berlatih pasti bisa menjadi ahli. Yang penting mau apa nggak ya kan. 

Mengapa Ikut Short Course Blogger? 

Menjadi seorang blogger nyatanya tidak melulu hobi semata. Telah banyak para blogger yang sukses meraup dollar dari kegiatan blogging. Bikin ngiler kan. Tapi, untuk bisa menjadi seorang sultan blogger tentu saja harus memiliki ilmunya. Wabil khusus ilmu perbloggingan. Nah jika kalian adalah salah seorang yang ingin mendapatkan cuan dari kegiatan blogging atau ingin meningkatkan skill menulis, short course ini bisa jadi jawaban untuk mendapatkan ilmunya.
 
Seperti yang kurasakan, sebagai blogger newbie pastinya pingin meningkatkan kualitas tulisan juga performa blog. Syukur-syukur bisa naik level nangkring di halaman pertama google. Makanya ikut short course semacam ini, apalagi dengan mentor yang telah berpengalaman sangat direkomendasikan. 

Wajah-Wajah Pemateri

Inilah wajah-wajah pemateri pada short course blogger kemaren.

short course blogger


Shafira Adlina

Membaca namanya sesungguhnya aku sudah familiar tepatnya setelah gabung dengan grup icontent creator. Yah walaupun belum pernah bertemu secara nyata. Tapi aktifitas blog walking di grup, membuatku makin familiar dengan namanya. Pencapaian-pencapaiannya dalam bidang blogging yang beliau posting di akun sosial media membuatku terpesona. Perempuan asal bekasi ini ternyata memang dari kecil sudah terbiasa menjadi juara. Subhanallah lah pokoknya.

Pengalamannya dalam dunia blogging nggak main-main lho. Mengasuh blog www.ceritamamah.com sejak tahun 2006. Namun baru di tahun 2020 blognya ber-TLD. Sungguh konsistensinya dalam ngeblog patut diacungi jempol. Aku dong baru setahun, artinya perjalanan masih panjang. Semangat untuk diriku!

Jihan Mawaddah

Pemateri di hari kedua ini, aku pun sudah sangat familiar dengan namanya. Walaupun secara nyata belum pernah berjumpa. Grup icontent creator lagi-lagi menjadi wasilah mengenal nama beliau. Disini aku jadi sangat bersyukur bisa satu grup dengan perempuan-perempuan keren penuh prestasi. Semoga prestasi-prestasinya menular ke diriku. Amin

Aku begitu terpana saat membaca deretan prestasinya dalam bidang blogging. Setidaknya kalian akan menemukan puluhan prestasinya di www.jeyjingga.com. Beberapa buku juga telah ia tulis dan yang populer salah satunya adalah buku berjudul "Narasi Gurunda". Sayangnya aku belum baca, hehe. 

Satu hal lagi, ternyata disela-sela aktifitas ngeblognya juga mengasuh balitanya beliau merupakan seorang penyuluh spesialisasi narkoba di Kementrian Agama lho. Luar biasa, satu pelajaran untuk kita nih, jangan remehkan ibu rumah tangga. 

Abdur Rozaq Al Maftuhin

Jujur aku baru mendengar namanya setelah mengikuti short course ini. Tentu saja bukan karna nama beliau yang nggak famous, tapi aku lah yang mainnya masih kurang jauh. Selain mengasuh beberapa blog, rupanya beliau juga menulis buku. Itulah sekilas perkenalan dengan beliau di live streamingnya.

Kesan Mengikuti Short Course Blogger

Jujurly saat membaca postingan mbak Jihan di akun instagramnya tentang short course ini, mataku auto berbinar. Sebagai blogger pemula yang masih minim pengalaman, tentu saja sangat menantikan sharing dari senior yang telah berkali-kali memenangkan kompetisi dalam bidang blog. Berharap kelak juga bisa mengekor pencapaian para mastah ini. 

Hanya saja jadwal yang berbenturan dengan rutinitas malam membuatku tak bisa mengikuti short course hingga paripurna. Beruntung para pemateri sangat bermurah hati membagikan power point dan rekaman live streamingnya di grup. Sehingga aku pun bisa membaca dan menyimak ulang materi yang tertinggal kapanpun aku mau.

Aku sih berharap next time bakal ada short course serupa lagi yang bisa kuikuti materinya dengan maksimal. Maklum emak-emak dengan dua balita, diatas waktu isya adalah jam-jam rawan tugas negara. Kalau boleh usul sih, aku pingin zoomnya diadakan siang aja. Meskipun sambil momong kayaknya masih mendingan siang, bisa nyimak sambil nungguin anak-anak main.

Oleh-Oleh Short Course Blogger

Tentunya ada banyak sekali insight yang bertebaran selama tiga hari berturut-turut mengikuti short course blogger. Sebagai oleh-oleh aku bagikan tips dari mbak Jihan bagaimana supaya bisa memenangkan lomba blog. Barangkali teman-teman juga ingin mengekor beliau. 
Ini dia tips memenangkan lomba ala mbak Jihan:
  1. Pelajari penyelenggara
  2. Pelajari tema lomba dan lakukan riset untuk bahan tulisan
  3. Pikirkan pokok bahasan yang unik
  4. Kaitkan tema dengan pengalaman pribadi jika ada
  5. Beri gambar dan infografis pendukung
  6. Sertakan data pendukung untuk menguatkan pendapatmu dalam tulisan
  7. Pastikan ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca
  8. Berdoa
Bagaimana kawan tipsnya, sebaiknya segera kita praktekkan aja ya, seperti pesan quotes diatas. Latihan, latihan dan latihan. Oya next  kalau ada short course lagi apakah kalian bakal ikutan? 
Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

12 komentar

  1. Semoga ada lagi short course nya, pengen ikutan habis baca tulisan mbak Nafis sama pak Yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin ya Allah, iya apalagi kalau yang berbau gratis wkwkwk ..aku pun berharap ada lagi.

      Hapus
  2. Alhamdulillah saya juga merasa beruntung bisa ikut short course ini, bertemu secara virtual dan menimba ilmu dari orang-orang baik secara gratis. Ajib jiddan. Menambah dan menguatkan ilmu dan materi-materi kita di blogspedia

    BalasHapus
  3. Latihan, latihan dan latihan. Coba, coba dan coba terus... Kapan nih ada short course lagi? Pingin ikutan....

    BalasHapus
  4. Mudah mudahan suatu saat bisa mengikuti kelasnya para blogger hebat... Selamat buat mbak

    BalasHapus
  5. Yosh iyaa Mom, latihan latihan latihaannnn.. Setelah ikut ini jadi lebih mudah untuk mengaplikasikan ya Mom :D
    Semoga bisa terwujud 30 Juta pertamanya Ya Mom :D

    BalasHapus
  6. wah iya nih aku pun berbinar binar di setiap sesi, rasanay mesmi berkali2 ikut kelas ngeblog selalu setiap kelas ada insight yang berbeda termasuk di short course ini. meski singkat hanay 3 hari tapi padat betul daging semua materinya semoga ad alagi ya yang batch 2

    BalasHapus
  7. Sepalat banget sama ulasannya. Akuoun ikut kelas ini dan bener2 insightful sekaligus memotivasi. Semoga jejak2 inspiratifnya menular ya mba ;') aamiin.

    BalasHapus
  8. Insya Allah pengen ikutan juga mbak. Alhamdulillah bisa punya kesempatan mengikuti short course ini. Sama-sama ya kita mbak mengejarv30 juta pertama lewat ngeblog.

    BalasHapus
  9. Senangnya melihat mbak Ulfa semangat belajar, semoga semakin menjaga semangat ngeblog setiap harinya yaa... go go go makin hari harus makin meningkat :)

    BalasHapus
  10. Uwoo, ini barengan sama Pak Yonal juga yah Mba. Pembicaranya kece auto follow sosmed pembicara deh, biar ketularan kece. Hihi. Semangat ngeblog yah mbak :)

    BalasHapus
  11. Bersyukur banget ya mbak bisa ikut acara ini, menimba ilmu langsung ke narsum-narsum ketjeh. Mudah-mudahan di lain waktu ada lagi, auto ikut.

    BalasHapus

Posting Komentar