Asasunnajah header

Membangun Personal Branding Bagi Seorang Blogger

15 komentar

Pentingnya membangun personal branding bagi seorang blogger

Entah sudah yang ke-berapa kalinya aku mendapat materi tentang membangun personal branding. Dulu kala mendapat materi ini saat ikut training di komunitas book advisor mandira. Dan kali ini di kelas blogspedia coaching ternyata disuguhkan juga. So kesimpulannya membangun personal branding ini ternyata bukan hanya kebutuhan seorang enterpreneur tapi juga banyak profesi tak ketinggalan seorang blogger.

Sebelumnya aku sempat menuliskan cara-cara branding di media sosial hasil mengikuti marathon coaching bulan Oktober lalu. Dan pada kesempatan kali ini aku hanya akan berusaha menampakkan diri bagaimana as blogger newbie akan diingat orang.

Tujuan dan Fungsi Membangun Personal Branding Bagi Seorang Blogger

Seperti yang telah kuungkap diatas, bahwa personal branding tidak hanya penting bagi seorang enterpreneur atau pelaku bisnis, publik figur, atau profesi lainnnya. Tak ketinggalan seorang blogger, maka mendapat materi ini rasanya tak ada bosannya. Karna tiap suguhan selalu saja menawarkan insight tersendiri. 

Seperti pada materi ini aku mendapat insight baru bahwa,
Personal branding itu bukan hanya sekedar memperkenalkan "brand" kita, tapi mengenai bagaimana kita terus berproses menjadi diri terbaik dan bermanfaat bagi orang lain.
Ketika kita harus bermanfaat lebih luas, konsekuensi logisnya kita harus memperkenalkan diri kita yang terbaik itu kepada lingkungan disekitar kita. AGAR LEBIH BERDAMPAK, MAKA KITA HARUS TAMPAK. Begitulah kira-kira petuah coach pada murid blogspedia dalam materinya. Heuu jadi ndredek nih ..
Lalu berikut ini adalah tujuan dan fungsi membangun personal branding bagi seorang blogger :
  • Memperkenalkan dan mempertajam citra diri seseorang
  • Memudahkan orang lain untuk mengingat siapa kita
  • Memudahkan dalam menentukan pilihan
  • Memfokuskan diri pada apa yang ingin dicapai

Bagaimana Aku Ingin Diingat?

Mengingat fungsi dan tujuan diatas maka sebagai seorang blogger newbie aku pun mau nggak mau harus mau membangun personal branding.
Nggak muluk-muluk sih guys, sesuai dengan keseharianku yang lekat dengan anak-anak dan aktifitas yang hanya di ranah domestik sambil menjalankan hobi aku hanya pingin tampak sebagai mom blogger. 
Karna aku pun seorang book advisor mandira, suka berjualan online dan suka belajar apapun maka aku suka jika orang-orang mengingatku sebagai mompreneur sekaligus mom learner.

Berbenah

Belajar tentang membangun personal branding rupanya tak hanya membuatku mendapatkan insight baru, tapi juga membuatku ingin berbenah diri. 

Aku sangat terkesan dan terinspirasi dengan teman-teman blogspedia coaching bagaimana mereka begitu rapi dalam mengelola media sosialnya. 

Walhasil aku pun ketularan membenahi beberapa media sosialku mulai dari menyeragamkan user name, photo profil, bio, dan next menata ulang feed instagram supaya nampak rapi dan lekat dengan aku gitu. Tapi untuk merapikan feed IG tentu saja sambil berproses ya guys. 

Tak hanya membenahi media sosial, sebagai bagian dari tugas materi personal branding ini, aku pun turut membuat kartu nama. Dan inilah penampakan media soial sekaligus penampakan kartu namaku.

Penampakan akun media sosial.

Akun media sosial


Penampakan desain kartu nama

Kartu nama

Thats about me, mudah-mudahan tidak hanya media sosial saja yang dibenahi tapi di penghujung 2020 ini semoga menjadi awal untuk berbenah diri dalam berbagai sisi. Amin.

Terakhir semoga coretan tentang membangun personal branding bagi seorang blogger newbie ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi diri yang penuh dengan alpa ini.

Sekian wassalam.





Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

15 komentar

  1. Yeaayy, suka sama "bagaimana utk terus berproses menjadi diri yg baik dan bermanfaat buat org lain" 😍
    Semoga kita semua ada di antara sekian banyak org baik dan bermanfaat buat yg lain ya mba..

    Sukses terus mba Nafis dgn branding blognya, #fighting 💪😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak pida, selama ini tahunya cuma mengenalkan brand kita. eh ternyata lebih dari itu ya ..jadi ingin berbenah diri.

      Hapus
  2. PR banget mba buatku merapikan feed instagram, sudah keburu berantakan. Jadi cuma bisa mencoba ngerapiin feed di postingan yang baru aja :)

    BalasHapus
  3. semangat mbak rapi-rapi medsosnyaaa, aku pun masih banyak PR dalam mengoptimasi facebook & twitter 😁

    BalasHapus
  4. Iya bund, aku juga terinspirasi banget dari kelas nya coach Marita buat rapihin medsos2...
    Semangat buat brand nya bund...

    BalasHapus
  5. semoga bisa menjadi salah satu resolusi untuk 2021, untuk bisa menguatkan branding dan menjadi seorang blogger yang memberikan kemanfaatan dalam setiap kontennya. aamiin

    BalasHapus
  6. Ya membangun personal branding bukan hanya karena kita jualan apa ya mbak, jadi mom blogger juga perlu personal branding. Aku setuju banget.

    BalasHapus
  7. Ah setuju banget. Niche dan personal branding itu sejalan selaras, sehingga orang langsung kenal bahwa oh si ini tuh blogger anu.

    BalasHapus
  8. Memang bikin user name satu nama di beberapa media sosial itu bikin orang dengan mudah mengingat kita kak.. dan yang terbaik adalah berproses menjadi lebih baik dari hari ke hari

    BalasHapus
  9. aku lagi mencoba memulai merapikan IG feed nih mbak, haha.. supaya kek orang-orang tu feednya rapih sedap dipandang.

    BalasHapus
  10. Wah tepat sekali ini kak nafis. Aku jg dulu udah mulai bikin kartu nama haha itupun karena jualan di salah satu mall gitu. wkwkwkw sekarang udah tutup

    BalasHapus
  11. Semangat membranding diri mba Nafis, ada yang ketinggalan lho titlenya, mestinya ditulis biar ikut ke branding :D

    BalasHapus
  12. Aku belum belum juga nih bikin kartu nama. Sebelum pandemi, di salah satu event, sudah diingatkan. Niat mulai penuh tuh, eh taunya pandemi dan lebih banyak di rumah, mundur lagi. Sekarang diingatkan lagi saat mampir ke mari.

    BalasHapus
  13. Luar biasa sekali artikelnya mba. Emang penting banget ya, semua yang disarankan di atas. Tergantung kita mau membranding jadi blogger apa juga ya. Karena niche blogger juga banyak. Semangat ngeblog

    BalasHapus
  14. personal branding itu ibarat CV kita sebagai blogger ya kak, semua satu paket. bukan hanya soal symbol dan logo tapi personality kita sebagai blogger. aku mau belajar personal branding nih sama kak ulfa, point - point penting ada di artikel ini nih, makasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar