Asasunnajah header

7 Tips Atasi Mager Bagi Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar
7 tips atasi mager

Adakah disini ibu-ibu yang suka mager alias malas gerak? Kebiasaan mager akan mengurangi produktifitas seseorang, betul apa betul?

Kebiasaan males gerak biasanya juga dipicu oleh banyak faktor, seperti makanan yang dikonsumsi, kebiasaan main gadget berlama-lama, dan banyak faktor lainnya.

Agar ibu rumah tangga yang dinasnya hanya di rumah saja bisa tetap produktif, jika mager melanda sebaiknya lekas-lekas hempaskan hal buruk itu sebelum menjadi kebiasaan yang mendarah daging. 

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk menghalau rasa malas untuk bergerak, mari kita simak tips berikut.

Tips Sederhana Atasi Mager Bagi Ibu Rumah Tangga

rahasia anti mager ibu rumah tangga

Pernah mendengar sebuah kalimat inspiratif?
Jika lelah otak istirahatkan dengan gerak fisik!

Selain faktor makanan, rutinitas yang kurang bervariasi, kebiasaan mager seringkali dipicu oleh kurangnya gerak fisik, sehingga badan terasa berat untuk diajak beraktifitas. Hal-hal sederhana berikut semoga bisa membangkitkan semangat kita untuk kembali produktif meski hanya di rumah saja.

Rahasia anti mager terkuak

1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Based on experience nih seringkali kekurangan zat besi membuat tubuh terasa lemas atau pusing kepala. Ujung-ujungnya mager pun melanda, produktifitas berkurang. 

Agar tidak terulang, pastikan makanan yang kita konsumsi cukup seimbang kandungan gizinya. Pastikan 5 kandungan gizi dalam makanan sehat ini tercukupi, karbohidrat, protein, serat, mineral, dan air. 

Ajaran Islam menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan toyyib, karna aktifitas makan juga bisa bernilai ibadah apabila makan diniatkan agar kita kuat melakukan ibadah. 

Mulai sekarang yuk pastikan asupan makanan kita cukup kandungan gizinya ya.

2. Olah Raga Teratur

Kabar baiknya olah raga sangat bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan dan kebugaran fisik, tapi juga memelihara kesehatan mental lho. Saya sendiri merasakan ketika olah raga bulu tangkis bareng suami, nggak hanya fisik yang gerak, mulut pun tak lepas dari ngakak.

Tak perlu memaksakan diri untuk mengikuti trend olah raga yang tengah in. Olah raga bisa dimulai dari yang ringan-ringan, sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan fisik. Ada banyak ragam olah raga ringan yang bisa dilakukan bareng keluarga.

Seperti jalan pagi atau bersepeda di pagi hari keliling komplek bareng suami, pulangnya jangan lupa mampir warung pecel plus teh hangat. Mantap uhuy ..

3. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Seperti yang telah disebutkan bahwa kekurangan salah satu kandungan dalam makanan bergizi bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak fit. Pastikan tubuh kita tidak kekurangan cairan.  

Kekurangan konsumsi air putih bisa menyebabkan dehidrasi yang berujung mager. Pada orang dewasa konsumsi air putih yang disarankan dalam sehari yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. 

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. So yuk mulai konsumsi air putih yang cukup agar tubuh terasa segar dan bugar, mager pun ilang.

4. Menjalankan Hobi

Sebagai ibu rumah tangga yang seharian berkutat dengan tugas mengasuh anak maupun urus rumah, pastinya butuh variasi kegiatan. Menjalankan hobi bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu luang.

Menjalankan hobi selain bermanfaat untuk memelihara kesehatan mental, juga bisa menjadi solusi anti mager. Salah satu tips dalam menjalankan hobi adalah temukan hobi yang sesuai minatmu dan yang bisa menghasilkan.

Jadi sudah ketemu belum apa minat kalian?

5. Kurangi Kebiasaan Begadang

"Begadang jangan begadang ... jeng jeng ..."
Jangan baca sambil nyanyi ya. Haha

Kalau kata bang haji Rhoma Irama nggak boleh begadang ya. Kecuali kalau ada artinya. Begadang kalau buat mengkhatamkan al-qur'an boleh. Begadang kalau buat nyeleseikan tugas nulis, boleh. Yang penting ada artinya ya. 

Kenapa sih nggak boleh begadang? Kata bang haji lagi,

Kalau terlalu banyak begadang
Muka pucat karena darah berkurang
Bila sering kena angin malam
Segala penyakit akan mudah datang
Darilah itu sayangi badan
Jangan begadang setiap malam

Jadi sudah tahu ya, sayangilah badan kita. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menyayangi tubuh kita. Apalagi tugas ibu rumah tangga tiada liburnya, jadi mari kurangi begadang.

6. Istirahat Yang Cukup

Ibu rumah tangga rentan sekali tersulut emosi marahnya akibat lelah jiwa raga. Apabila emosi telah menguasai jiwa raga, maka bersiaplah virus mager siap mengancam ibu rumah tangga.

Agar emosi ibu-ibu tetap stabil, luangkanlah waktu untuk istirahat siang. Seperti anjuran Rasulullah dalam hadits,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.”

Banyak ulama yang mengulas tentang manfaat tidur qoilulah. Salah satunya adalah agar tubuh kembali kuat melakukan aktifitas ibadah. Bukankah pekerjaan ibu rumah tangga juga ibadah?

7. Temukan Hal Baru

Mager melanda? Cobalah aktifitas baru yang selama ini jarang sekali dilakukan. Seperti membuat suatu kreasi dari barang-barang yang ada di rumah.

Tak perlu dengan hal-hal yang rumit, hal sederhana semacam bekreasi dengan barang-barang bekas, tanaman hias pun bisa mengubah mager menjadi aktifitas yang produktif. 

Jadi, yuk temukan hal baru!

Itulah 7 tips mengatasi mager bagi ibu rumah tangga. Selamat mencoba semoga bermanfaat.



Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

Posting Komentar