Asasunnajah header

Ide Olahan Udang Pembangkit Nafsu Makan Si Kecil

13 komentar
ide olahan udang

Selamat malam kawan-kawan, dua minggu lebih tak menyapa reader rasanya bagai seabad tak menampakkan diri. Kali ini aku kembali hadir membawa kabar bahagia untuk kalian. Apa itu? Yap kemaren aku baru saja bereksperimen dengan segenggam udang. Bukan eksperimen ala ilmuwan ya, tapi eksperimen ala master chef. ehehe Rasanya bahagia banget berhasil menyajikan olahan udang untuk para bocil di rumah. Apalagi mereka sangat approve dan ketagihan. Yes .. berarti aku sukses ya cookingnya. 

Btw diolah kaya apa sih udangnya? Simak terus sampai habis ya ...

Cerita Dibalik Olahan Udang 

Beberapa hari yang lalu di rumah ada udang goreng, namun tinggal segenggam aja di lemari udangnya tak tersentuh. Daripada dicuekin dan jadi makanan semut, kebetulan juga hasrat memasak sedang on okelah si emak mulai bereksperimen ala chef profesional.
 
Teringat dahulu kala pernah pesan cumi asam manis, tetiba menginspirasiku untuk mengolah udang tersebut dengan olahan yang serupa tapi tak sama. Pasalnya aku tidak bermaksud untuk menyulapnya menjadi udang asam manis. 

Si emak mulai beraksi singsingkan lengan daster, ambil bumbon kupas-kupas, cuci-cuci, sreng-sreng, jadi deh seporsi olahan udang. Aku pun tak tahu olahan ini mau diberi nama apa, tapi anak-anak menamainya udang berendam telor dan yang jelas dari hasil eksperimen mereka pada ketagihan. Akupun tak kalah doyan. 

Oke lah tak perlu bertele-tele langsung aja kita buka dapurnya ya biar kalian juga bisa cobain resepnya juga.

Resep Udang Berendam Telor

Jujur aja sih ini anak ngasih namanya agak gimana gitu, tapi emang tampilannya udangnya terendam telor orak arik. Jadi abaikan aja namanya ya, yang penting rasanya bung. Dan inilah resep untuk seporsi.

Bahan :
  • Segenggam udang (digoreng)
  • Bawang merah 4 buah
  • Bawang putih 2 buah
  • Tomat 1 buah
  • Bawang bombai seperempat (cincang)
  • Gula pasir/gula jawa (secukupnya)
  • Garam 1/2 sdm
  • Tepung Maizena (kanji) 1/4 sdm larutkan air
  • Air (satu gelas) 
  • Bawang pre 1/2gagang
  • Minyak 2 sdm untuk menumis
  • Sauri saus tiram 1sdm
  • 2 butir telur
Cara mengolah :
  • Cuci bersih bahan bumbu lalu cincang halus bawang merah, bawang putih, bawang bombai, bawang pre.
  • Iris tomat menjadi delapan bagian atau sesuai selera.
  • Panaskan wajan lalu tuangkan minyak setelah panas masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombai.
  • Setelah harum sisihkan dipinggir masukkan telur tunggu beberapa detik lalu aduk-aduk menjadi telur orak arik.
  • Selanjutnya masukkan irisan tomat aduk hingga layu, gula dan garam aduk-aduk.
  • Masukkan sedikit air agar tidak kering, lanjut satu sendok makan sauri saus tiram lalu aduk-aduk pelan.
  • Selanjutnya masukkan udang goreng dan tambahkan air aduk pelan sambil tes rasa lalu tutup sebentar agar bumbu meresap ke udang. 
  • Terakhir masukkan larutan tepun maizena dan aduk hingga matang sempurna dan ulangi tes rasa hingga pas.
  • Olahan udang siap disajikan.

Penutup

Itulah teman-teman resep hasil eksperimen olahan udang ala aku. Oiya untuk udang bisa juga diganti dengan isian lain seperti ikan sarden atau sosis. Nah resep ini bisa juga buat orang dewasa dengan menambahkan sedikit cabe merah. Dan satu porsi ini bisa untuk tiga anak ya, jangan lupa sajikan selagi masih hangat dengan sepiring nasi. Selamat mencoba ..


 
Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_

Related Posts

13 komentar

  1. Telur orak-arik aja udah enak. Apalagi ditambah udang. Dua kali enaknya ini mah. Gimana rasanya kalau udang diganti ayam suwir ya? #ngebayangin dulu. Anyway, terima kasih resep barunya. Jadi nemu ide, nih. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga tuh diganti ayam suwir, mohon maaf potonya nggak ada, belum sempet take poto udah keburu abis disikat anak-anak ..wkwkwk

      Hapus
  2. Wah aku juga suka udang, siap nanti aku coba deh resepnya.
    Biasanya aku cuma digoreng tepung aja. Paling banter buat topping kwetiau.
    Nasinya masih anget pula, wah nambah dah makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kwetiau ini malah aku yang belum pernah merasakan sama sekali ..

      Hapus
  3. MasyaAllah kebayang aromanya sampai sini mba.. Bawang, udang, telur, tiram maknyuuss mesti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sampai nggak sempat mengabadikan gambarnya keburu habis wkwkwk.. prestasi besar yang perlu diapresiasi wkwkwk

      Hapus
  4. Ini nama resepnya uda bisa klaim kan hak cipta mba, biar gak pada rebutan ntar, wkwwk
    Unik namanya, sesuai sama penampakannya ya, 'udang berendam telor" :D
    Wajib dicoba ini, karena di Aceh gk ada kerak telor, jd pas banget ada resep udang berendam telor, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk ... tarik sis .. ini nama bebas klaim aja deh ..

      Hapus
  5. Dulu olahan udang selalu habis apapun bentuknya. Kini malah sering bersisa, selain ada yg alergi juga usia bertambah tua jd agak menjauh dari udang. Btw enak kayaknya deh olahan udang berendam telur.

    BalasHapus
  6. Kalau dibayangkan terlihat mudah ya. Gatau kalo nyobain bkin nih, aku gak ahli dlm masak wkwk.
    Selain itu, Emang tgn emak itu beda lah, apapun olahannya pasti enak.
    Kalau masalah udang, aku suka yg pake tepung sajiku.kres2 gtu hehe

    BalasHapus
  7. Auto ngeces ngiler, pagi-pagi belum sarapan baca resep udang berendam telor. Udang memang unik, selalu cocok dipakai untuk pelengkap apapun, tumis, sayur, mie, dll. Perlu dicoba nih resepnya mbak Nafis

    BalasHapus
  8. Hwah suka sekali dengan udang, serasa dapat inspirasi banget baca ini buat olahan baru dari bahan udang. Thank you sister

    BalasHapus
  9. Sudah saya recook, Kak.. Enak sekali.. Saya tambahin cabe, sereh, dan guntingan daun jeruk, atas request suami. Mantap!

    BalasHapus

Posting Komentar