Asasunnajah header

Ini Dia Rahasia Perawatan Wajah Low Budget

14 komentar

Rahasia Perawatan Wajah Low Budget

Dulu aku pernah membahas tentang perlunya ibu rumah tangga melakukan perawatan wajah.  Meski ruang gerak lebih banyak di dalam rumah, jangan salah ibu rumah tangga tetep perlu melakukan perawatan kulit wajah sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah kesempurnaan fisik. Betul apa betul bu ibu?

Kalau dulu aku udah pernah bahas tentang jenis-jenis kulit kali ini aku hanya akan sharing tentang kebiasaanku dalam merawat kulit wajah. Walaupun masih dalam kategori perawatan kelas low budget, terkadang juga masih belum konsisten. Ya siapa tahu ada yang bisa dicomot manfaatnya.

Perawatan Wajah Low Budget Ala Emak Ramping

Jujurly aku sempat GR alias gede rasa alias rada mumbul saat dikira anak kelahiran 90-an sewaktu moment SKSD bareng blogspedia. Padahal usia fisik mah udah kepala tiga. Nggak tahu lagi kalau usia mental, mungkin masih dibawah 18-an, dan entah aku harus sedih atau seneng menanggapinya.

Mengenai wajah yang katanya awet, sebenarnya aku nggak memakai bahan pengawet apapun. Eh .. makanan kali ya dikasih bahan pengawet. Maksudnya aku bukan tipe orang yang suka coba-coba produk skincare atau melakukan perawatan rutin di salon-salon kecantikan bak selebgram femes.

Sejujurnya sempat tergiur juga sih dengan iming-iming wajah glowing paten. Tapi setelah dipikir-pikir lewat renungan panjang, benarkah kulit wajahku membutuhkan perawatan bak selebgram dengan aneka produk skincare?  Kecuali kalau ada tawaran job revew, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mencoba ya. Serumnya aja boleh ko'. (maunya gratisan wkwkwk)

Apalagi suami lebih suka memandang sesuatu yang natural, semacam wajahku yang polosan. Terus aku juga nggak memiliki masalah jerawatan atau trata'en. 

So, kesimpulannya aku hanya butuh perawatan basic aja, apalagi kulitku tergolong kulit normal. Walaupun belum dikatakan konsisten dalam hal perawatan wajah, tapi tetep nggak meninggalkan ritual basic ini lah. Lalu apa saja yang biasa kulakukan sebagai ritual perawatan wajah?

Perawatan Harian Untuk Kulit Normal

Sebelumnya mari kita ingat seperti apakah tipe kulit normal itu. Kulit normal biasanya ditandai dengan :
  • WELL BALANCED SKIN
  • Seimbang, lembab, tidak terlalu berminyak, tidak terlalu kering
  • Tekstur velvety, lembut, halus, kulit sehat bercahaya
  • Pori-pori rapat, tidak sensitive
  • Jarang bermasalah

Well, alhamdulillah kulitku masuk tipe kulit normal, terbukti jarang banget bermasalah, baik masalah jerawat atau masalah lain. Hanya kalau musim dingin biasanya muncul masalah kulit kering, alhamdulillah itu pun sekarang jarang banget.

Kembali mengingat-ingat langkah dasar perawatan kulit yaitu,
  • Membersihkan
  • Melembabkan
  • Melindungi

perawatan kulit normal


So ritual perawatan wajah yang aku perlukan hanyalah :
  • Wudlu minimal 5x sehari (sesuai jadwal shalat, hehe)
  • Membersihkan wajah sebelum tidur (aku biasa memakai produk viva cosmetic). Aktifitas membersihkan wajah sebelum tidur ini bermanfaat membuang kotoran yang bisa masuk ke pori-pori dan memicu timbulnya jerawat jika tidak dibersihkan. Selain itu juga memberikan efek segar dan tidak kusam.
  • Rutin minum air putih hangat di pagi hari. Ini bermanfaat untuk menghidrasi kulit, sehingga kulit menjadi lembab. 
  • Minum air putih minimal 2 liter setiap hari, bermanfaat menjaga kelembapan kulit.
  • Memakai lulur kurang lebih 3 hari sekali untuk membersihkan komedo. Kalau produk lulur aku nggak begitu khawatir untuk coba-coba, tapi lebih memilih produk lokal yang sudah legend. 
  • Dan sebagai perlindungan aku memolesi wardah perfect bright tone up cream yang mengandung vit.c, B3, dan SPF 25. (Kalau pas niat mau keluar baru memakai ini) 
  • Terakhir sebagai ritual wajib adalah nderes qur'an. Mungkin ini nampak nggak masuk kategori ritual perawatan wajah ya, tapi nyatanya salah satu efek samping nderes, wajah bisa menjadi nampak bercahaya. Nggak percaya, coba aja deh. Sekalian rutin tahajud. Bakalan glowing tingkat akhirat dah.
Thats, yang biasa aku lakukan untuk mensyukuri anugerah ilahi berupa wajah normal. Sehingga tiga manfaat perawatan bisa dirasakan :
  1. Mempertahankan fungsi kulit
  2. Menjaga kulit dalam kondisi baik dan sehat
  3. Mencegah penuaan dini
Bener-bener low budget bukan? Kalau ritual perawatan wajah kalian seperti apa temans. Sharing yuk ... 
  


Asasunnajah
Seorang ibu tiga anak yang sedang gemar belajar menulis dan berjualan online. _Salam silaturahim_
Terbaru Lebih lama

Related Posts

14 komentar

  1. So simple and easy to do tipsnya, insyaAllah mudah dilaksanakan, ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak yonal, insya Allah sangat mudah diaplikasikan ini.

      Hapus
  2. Aku yang kulitnya sensitif mbak, jadi kudu ati2 pilih skin care nya.

    BalasHapus
  3. Aku juga tipe yang gak suka coba2 pake skin care, tos dulu kita 🖐 kalau dulu aku cuma pake Multifungsi gel Wardah aja, tapi berhubung lagi di endorse aku lagi pake Scarlett 🤭 dan Alhamdulillah sih cocok, jerawatku lenyap dan wajah jadi glowing gituh...

    BalasHapus
  4. masyaAllah, ternyata banyak sekali yang aku skip mb, keculai wudhu min 5x sehari itu. hehe.. kalo untuk cleansing sebelum tidur, hadeeeh cuci muka aja aku males mb huhu.. minum juga kurang dan ga telaten banget harus minum air hangat saat bangun tidur. mantap banget ini mah, mau ak terapin juga ah. bismillah bisa glowing kayak wajah mb nafis <3

    BalasHapus
  5. Masha Allah PR banget untukku merawat wajah yang sensitif dan hormon yang gak balance, bikin breakout. Semoga bisa merawat sesuai tips di atas, kayanya PR nya sih ada di kelembaban wajah (dan pola hidup baik makan dan tidurnya) hehe

    BalasHapus
  6. Aku yang masih pe er adalah minum air putih wkwkwk padahal sedang menyusui, ya Allah parah banget sih.

    Daan aku paling males diingetin gegara minum doank. Dah lah aku punya kulit untung pengertian banget, ga ada masalah berat.

    BalasHapus
  7. Mumpung ya, selagi masih mudah harus rajin perawatan kulit terutama wajah. Karena gimana juga penting banget terutama perempuan. Meski di rumah saja.

    BalasHapus
  8. Simple dan mudah sekali sih ini tipsnya... Coba ku save untuk dipraktekkan ya mbak..

    BalasHapus
  9. Maasya allah mbak ..aku membaca produk viva jadi inget temanku setia banget dan diabilang emang murah hehhee dan cocok.

    Wah dg tulisan mbak nafis jadi makin terbukti nih, pas judulnya low budget

    BalasHapus
  10. Setuju nih, wudhu ini sangat membantu banget untuk membersihkan wajah kita dari kotoran. Karena kalau kita membersihkan wajah dengan sabun/ facial wash itu max hanya 2x sehari saja agar tidak terjadi pelebaran pori wajah :D

    BalasHapus
  11. Hmm sepertinya minum air putih nih yg akan jdi PR ku, minum cma abis makan aja kayaknya >.<

    BalasHapus
  12. Ahhh...suka banget tipsnya, bener-bener murah dan masuk akal. Mudah-mudahan nggak males lagi rawat wajah. Apalagi sampai usia jelang 50, masih aja suka jerawatan..hadeeeuh

    BalasHapus

Posting Komentar